Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup

Rizka Oktaviyanti(1*), Wirawan Fadly(2)

(1) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
(2) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada proses pembelajaran di Abad 21 saat ini, peserta didik diharapkan mempunyai kemampuan berpikir kritis. Sehingga tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup. Metode yang digunakan adalah kuantitatif melalui survey dengan desain penelitian cross sectional survey. Sampel penelitian dipilih secara cluster random sampling dan diperoleh kelas VII di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo, yang terdiri dari 27 peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, pengamatan, dan wawancara. Pengamatan dilakukan ketika pembelajaran berlangsung dan wawancara dilakukan bersama guru IPA. Adapun tes yang diberikan kepada peserta didik kelas VII berupa soal pilihan ganda. Dimana dalam setiap soalnya, peneliti menggunakan 4 indikator berpikir kritis menurut Facione, antara lain interpretasi, menganalisis, evaluasi, dan inferensi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan., menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII berkategori sangat rendah. Hal ini dibuktikan dari perolehan hasil rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah 32,5. Adapun kemampuan berpikir kritis yang paling tinggi terdapat pada indikator analisis, yaitu sebesar 46 dan berkategori rendah. Sedangkan indikator yang paling kecil adalah inferensi dengan nilai 16 dan berkategori sangat rendah.

Keywords


Abad 21; Berpikir Kritis; Madrasah Tsanawiyah; Pembelajaran IPA; Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya Menggunakan Cooperative Learning Tipe STAD Di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Seberida Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 105–114.

Afdila, N., & Sartika, S. B. (2020). Integrative Science Education and Teaching Activity Journal A S econdary School Student ’ s Critical Thinking Ability Profile in Natural Science Subject Matters Based on Learning Style. INSECTA, 1(2), 175–182.

Arsal, Z. (2017). The Impact of Inquiry-Based Learning on the Critical Thinking Dispositions of Pre-Service Science Teachers. International Journal of Science Education, 39(10), 1326–1338.

Hidayat, K., Sapriya, Hasan, S. H., & Wiyanarti, E. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Hybrid. Jurnal Basicedu, 6(2), 1517–1528.

Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48.

Maiturrohmah, & Fadly, W. (2020). Looking at a Portrait of Student Argumentation Skills on the Concept of Inheritance (21st Century Skills Study). INSECTA, I(1), 17–33.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Mercatoria, 12(1), 29–40.

Nofianti, E., Nurhidayanti, A., Handayani, N. A., Rosana, D., & Wilujeng, I. (2022). Profil Berpikir Kritis Peserta Didik SMP pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(3), 479–491.

Oktaviani, L. (2020). Kompetensi Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam Menggunakan Media Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) di SD Negeri 82 Bengkulu. In Skripsi.

Oliveras, B., Márquez, C., & Sanmartí, N. (2013). The Use of Newspaper Articles as a Tool to Develop Critical Thinking in Science Classes. International Journal of Science Education, 35(6), 885–905.

Rizkia, N., Sabarni, S., Azhar, A., Elita, E., & Fitri, R. D. (2021). Analisis Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terhadap Pembelajaran Kimia SMA. Lantanida Journal, 8(2), 168.

Rohana, I., Suana, W., Nyeneng, I. D. P., & Herlina, K. (2022). Integrative Science Education and Teaching Activity Journal The Effect of Online Guided Inquiry Laboratory toward Students ’ Critical Thinking Ability. INSECTA, 3(1), 70–80.

Santoso, A. M., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Inquiry dengan Pendekatan STEM Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 73–86.

Vong, S. A., & Kaewurai, W. (2017). Instructional Model Development to Enhance Critical Thinking and Critical Thinking Teaching Ability of Trainee Students at Regional Teaching Training Center in Takeo Province, Cambodia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(1), 88–95.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i1.14902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rizka Oktaviyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.