Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa

Helena Sutrisnowati(1*)

(1) Guru SMK Negeri 1 Juwiring, Klaten
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to investigate the effect of the student facilitator and explaining (SFAE) learning model on student motivation and learning achievement. The study used a classroom action research approach. The research participants were 34 students of class XI Accounting in the odd semester of 2022/2023 at SMK Negeri 1 Juwiring Klaten. Collecting data using observation, documentation, interviews, questionnaires, and tests. Data analysis was carried out qualitatively and quantitatively. The results showed that students' learning motivation and learning achievement increased significantly after being involved in the SFAE learning process. That is, if the SFAE learning model is applied more intensively, it can improve student learning’s motivation and achievement. As a consequence, teachers can consider the application of the SFAE learning model in teaching. In addition, the results of this study deserve to be followed up with other studies, such as experimental or correlational research designs.

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Partisipan penelitian adalah 34 siswa kelas XI Akuntansi pada semester gasal tahun 2022/2023 di SMK Negeri 1 Juwiring Klaten. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, kuesioner dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan prestasi belajar mengalami peningkatan setelah terlibat dalam proses pembelajaran SFAE. Model pembelajaran SFAE terbukti berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, jika model pembelajaran SFAE diterapkan lebih intensif maka dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Sebagai konsekuensinya, maka guru dapat mempertimbangkan  penerapan model pembelajaran SFAE dalam mengajar. Selain itu, hasil penelitian ini layak ditindaklanjuti dengan penelitian-penelitian lain, penelitian eksperimental atau korelasional.


Full Text:

PDF

References


Adriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinanhasil belajarsiswa (Learningmotivation as determinant student learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Agus, S. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakrta: Pustaka Pelajar.

Aqib, Z. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Badaruddin, Achmad (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Padang: CV Abe Kreatifindo.

Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.

Eristiani, S., Jayanta, I. N. L., & Suarjana, I. M. (2020). Model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media pembelajaran sederhana terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 137-151.

Eristiani, S., Jayanta, I. N. L., & Suarjana, I. M. (2020). Model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media pembelajaran sederhana terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 137-151.

Hakim, A. L. (2011). Pengaruh pendidikan anak usia dinin terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar di Kabupaten dan Kota Tanggerang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 109-122. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.11.

Hartono, D. P. (2021). Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar materi hidrosfer. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Geografi, 158-163.

Hidayah, M. E., Sudarman, & Anwar, R. B. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif SFE untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 105-113.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 Bandar Lampung tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1-21. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Juanda, D. (2022). Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi statistika. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 241-252. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2410

Kholid, I. (2017). Motivasi dalam pembelajaran bahasa asing. Jurnal Tadris, 10(1), 61-71. https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v10i1.875.

Koontz, H. (2001). Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lapi, Z., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Penerapan model pembelajaran students fasilitator and explaining menggunakan media vlog untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kecamatan Panakkukang Kota Makassar. BJE, 2(1), 65-72.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150-168.

Maruti, E. S. (2019). Implementation of the student facilitator and explaining model in learning skills of reading skills in SD. EDUMASPUl Jurnal Pendidikan, 3(1), 1-9.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. London: SAGE Publications.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 1-11.

Nopiana, S., & Mutaqin, J. (2020). Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas v di SD Muhammadiyah 5. Jurnal Institusi Pendidikan Bale Aksara, 1(2), 1-7.

Nurkasanah, S. (2022). Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam upaya peningkatan hasil belajar bahasa jawa yang memuat menulis surat pribadi pada siswa kelas VIII-C semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, 2(3), 1-7.

Palupi, R., Anita, S., & Budiyono. (2014). Hubungan antara motivasi belajar dan persepsi siswa terhadap kinerja guru dalam mengelola kegiatan belajar dengan hasil belajar ipa siswa kelas viii di smpn n 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 157-170.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK kesehatan di kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75-105.

Puspitasari, D. B. (2013). Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1).

Rahma, A., & Nurrahmah, A. (2019). Model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE) dan pengaruhnya terhadap pemahaman konsep matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Indrapastra PGRI, 0812(80), 301-308.

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Merdeka Belajar Dalam Menyambu Era Masyarakat, 5.0), 289-302.

Risnawati. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (survey pada siswa kelas X di SMAN 7 Tasikmalaya). (dalam skripsi Unsil: Tidak dipublikasikan).

Saifuddin, A., Nasikh., & Utomo, S. H. (2015). Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) dengan menggunakan peta konsep untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dada mata pelajaran ekonomi kelas x lintas minat ekonomi di SMA Negeri 02 Batu. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 36-47.

Suharno (2020). Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar ipa materi daur air melalui model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) siswa kelas v SDN III Parangharjo tahun pelajaran 2016/2017. JIGI: Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 1(1), 47-55.

Suryabrata, Sumadi. (2008). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Uno, Hamzah B. (2011). Teori motivasi dan pengukuranya analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, I. S. B. (2022). Peningkatan motivasi dan hasil belajar kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit melalui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) pada siswa kelas x-mipa-1 sma negeri 3 Bondowoso semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner, 3(2), 55-62.

Widiasih, L. S., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran SFAE berbasis tri kaya parisudha terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 135-141. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21780.

Widodo, W. (2019). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Depok. Rajawali Pers.

Yatimah. (2019). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi kpk dengan model pembelajaran student facilitator and explaining bagi siswa kelas vi. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 105-109.

Yuwandari, I., & Hariyani, M. (2019). Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas v sekolah dasar negeri 164 Pekanbaru. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 2(2), 83-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i3.14504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Helena Sutrisnowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.