Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Agresif Siswa Di SMP Trampil Jakarta Timur

Sarah Taradiba(1*), Christine Masada(2), Mulyadi Mulyadi(3)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif siswa di SMP Trampil Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode Survei dan Quasi Eksperimen (Nonequivalent Control Group Design). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 54 siswa yang ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan uji hipotesis analisis regresi linier sederhana dan uji independent T-test dari kedua variabel. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku agresif, dan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest terhadap kecerdasan emosional dan perilaku agresif siswa di kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan. Variabel kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 32,9% terhadap variabel perilaku agresif.

Keywords


Kecerdasan Emosional; Perilaku Agresif.

Full Text:

PDF

References


Basaria, D. (2019). Gambaran Kecerdasan Emosi pada Remaja di Pulau Jawa dan Bali. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 81–100. https://doi.org/10.24912/provitae.v12i1.5055

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Guswani, A. M., & Kawuryan, F. (2011). Perilaku Agresi Pada Mahasiswa Ditinjadu Dari Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi: PITUTUR, I(2), 86–92.

Haryadi, S., & Fardah, N. N. (2015). Pengaruh Musik Klasik Terhadap Regulasi Emosi Tunadaksa di YPAC Surakarta. Talenta, 1(1), 63–68.

Hurlock, E. B. (2015). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Illahi, U., Neviyarni, S., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Agresif Remaja dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68–74. https://doi.org/10.29210/3003244000

KPAI. (2018). KPAI: 202 Anak Tawuran dalam Dua Tahun. KPAI.Go.Id. https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-202-anak-tawuran-dalam-dua-tahun

Mudaim, & Lestari, E. F. (2021). Kerjasama Antara Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Wali Kelas Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Counseling Milenial (CM), 2(2), 390–404.

Putra, B. (2021). Kapolres Ungkap Jakarta Timur Rawan Ancaman Tawuran Pada Malam Tahun Baru. Jakarta.Tribunnews.Com. https://jakarta.tribunnews.com/2021/12/23/kapolres-ungkap-jakarta-timur-rawan-ancaman-tawuran-pada-malam-tahun-baru

Santrock, J. W. (2003). Adolescence. Perkembangan Remaja (Edisi Ke-6). Erlangga.

Susantyo, B. (2011). Memahami Perilaku Agresif: Sebuah Tinjaan Konseptual. Informasi, 16(3), 189–202.

Yosephine, Satiadarma, M. P., & Theresia, Y. (2019). Pengaruh Terapi Msik Terhadap Penurunan Perilaku Agresi Pada Remaja. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(2), 509–519.

Zamani, D. A., Asrori, M., & Mulyono. (2022). The Effect of Emotional Intelligence and Self-Control on Aggressive Behavior and PAI Learning Achievement of Students in State Vocational High School 6 Malang. Jurnal At-Ta’dib, 17(1), 180–195. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v17i1.8051




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i1.13993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SARAH TARADIBA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.