Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Ispring Suite 9

Rangga Sakti R.E.(1*), Mohammad Arief(2)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis mobile learning dengan menggunakan Ispring Suite 9 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R&D) Borg & Gall yang dimodifikasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa aplikasi berbasis mobile learning dengan menggunakan Ispring Suite 9 untuk mata pelajaran teknologi perkantoran yang diberi nama Learnoftech. Produk media dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil serta terbukti terdapat perbedaan hasil belajar pada uji coba kelompok besar yang menunjukkan bahwa hasil tes kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Learnoftech layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran.

Full Text:

PDF

References


Akbar. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi. 11(2), 118–124.

Alshurideh, M., Salloum, S. A., Kurdi, B. Al, Monem, A. A., & Shaalan, K. (2019). Understanding the Quality Determinants that Influence the Intention to Use the Mobile Learning Platforms. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijim.v13i11.10300

Ardiansyah, A. A., & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal of Education Research and Review, 3(1), 47–56. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/24245/pdf

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Appypie Di Smk Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. 3, 57–62.

Chuchu, T., & Ndoro, T. (2019). An Examination of the Determinants of the Adoption of Mobile Applications as Learning Tools for Higher Education Students. 13(3), 53–67.

Dasmo, Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 99–102. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/3979/0

Erlinawati, N. A., Suherman, U., Darmawan, D., Ilmu, F., Universitas, P., Ilmu, F., Universitas, P., & Indonesia, P. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PRAKTIKUM. 14(2), 298–310.

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN I-SPRING DAN APK BUILDER Development of Android-Based Interactive Learning Media Using I-Spring And Apk Builders. 5, 12–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126

Himmah, F., & Martini. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 8 PADA SUB MATERI ZAT ADITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII. 5(2), 73–82.

Istiawan, N., & Kusdianto, H. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Myologi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pjkr Pada Mata Kuliah Anatomi. JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 2(1), 13–19. https://doi.org/10.33503/jpjok.v2i1.174

Kamil, S., Amin, H., … S. S.-P. of, & 2019, undefined. (2018). Technology on Learning Process in Communication Department of UHO Facing Industrial Revolution 4.0 [Penerapan Teknologi Komunikasi dan Informasi Pada …. Prosiding.Relawanjurnal.Id, 2, 344–352. http://prosiding.relawanjurnal.id/index.php/comdev/article/view/348

Purwanto, & Ramadhan, A. N. (2015). PENGEMBANGAN DAN UNJUK KERJA SISTEM KEARSIPAN ELEKTRONIK PSPAP. XIII. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/efisiensi.v13i2.11676

Rahmawati, E. M., & Mukminan. (2017). PENGEMBANGANG M-LEARNING UNTUK MENDUKUNG KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI. 4(2), 157–166. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726

Ramadani, E. M. (n.d.). Ramadani, E. M. "Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan PowerPoint Ispring Suite 9 dengan Model POE2WE pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review.

Rimawati, E., & Wibowo, A. (2018). Analisis Faktor Penerimaan Teknologi Dalam Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Edusaintek, 248–254.

Rumahlatu, D., Huliselan, E. K., & Takaria, J. (2016). An analysis of the readiness and implementation of 2013 curriculum in the west part of Seram District, Maluku Province, Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5662–5675.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Journal.Um.Ac.Id, 3(12), 1572–1582. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796

Sekar, T., & Yuslina, E. E. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif. 7(2), 13–16. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v7i2.31454

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=SnA-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA96&dq=Metode+Penelitian+Pendidikan+%26+Pengembangan&ots=6GIDPlwSEb&sig=24yIWxAmFbaHcbnq-nRO0gLxS3U&redir_esc=y#v=onepage&q=Metode Penelitian Pendidikan %26 Pengembangan&f=false

Sibarani, H. P., Komaro, M., & Sukrawan, Y. (2019). Implementasi mobile learning berbasis aplikasi smartphone untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut. 6(1), 42–50.

Suparti. (2016). Merode Penelitian Pengembangan Inovasi Pembekalan Beserta Contoh Proposal. Universitas Negeri Malang.

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). PENGEMBANGAN ADAPTIVE MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PROSES BLENDED LEARNING Ence. 4(1), 26–37. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723

Widi, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D).

Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan. 8(2), 85–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i1.13913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 rangga sakti r.e

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.