PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA PGRI 1 PALEMBANG

Andi Septi Eka Sari(1*), Dessy Wardiah(2), N Nuranisa(3)

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah sebagian besar pembelajaran geografi masih menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran terkesan membosankan yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning Terhadap hasil belajar geografi kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar geografi kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS dan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X IPS 1 berjumlah 32 siswa dan X IPS 3 berjumlah 29 siswa yang mana penentuan sampel tersebut menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis data rata-rata hasil tes dari hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82,3 dan  kelas kontrol rata-rata sebesar 72,5. Berdasarkan hasil uji –t diperoleh thitung = 5,077 kemudian dibandingkan ttabel = 1,671 maka thitung > ttabel  yaitu 5,077 > 1,671. Hasil ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar geografi kelas X.

Keywords


Model Pembelajaran; Project Based Learning ; Hasil belajar; Geografi.

Full Text:

PDF

References


Afrian, T. (2018). Kajian Kapasitas Saluran Drainase Pada Jalan Danau Melintang Tenggarong. EJournal, 1(1), 1–10.

Efendi, R. (2018). Kajian Neraca Air Kawasan Akibat Pengambilan Air.

Kumala, D. R., Rohmah, Z., & ... (2020). Pendampingan Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD di Bandarkedungmulyo. Jumat Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 1(1), 44–47.

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70.

Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 210–214.

Sari, M. S., & Palupi, M. (2020). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Evaluasi Anggaran Terhadap Kinerja Dinas Pertanian Provinsi Lampung. Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA), 1, No.1(1), 1–6.

Sujatini, S. (2018). Keberlanjutan Ekologis: Proses Pembangunan Kawasan Hunian Sebagai Sustainable Development Goals (SDGS) (Studi kasus proses pembangunan kawasan hunian pada kota mandiri). IKRA-ITH Teknologi : Jurnal Sains & Teknologi, 2(Vol 2 No 2 (2018): IKRA-ITH Teknologi Vol 2 No 2 Bulan July 2018), 27–37.

Wahana, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 298–305.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i1.13348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Septi Eka Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.