Manajemen Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi Covid-19

Maria Hartaningsih(1*), Syarwani Ahmad(2), Syaiful Eddy(3)

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ingin melihat bagaimana manajemen pembelajaran di masa pandemic covid 19. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu tiga bulan dari bulan juli sampai September 2021. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu kepala sekolah, guru kelas, siswa dan orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian 1) Pelaksanaan manajemen pembelajaran daring sudah berjalan sesuai dengan aturan; 2) Kendala  yang dihadapi dalam pembelajaran daring diantaranya jaringan internet yang tidak stabil, pembelajaran kurang interaktif, siswa merasa bosan karena tidak ada teman serta orang tua yang tidak dapat menemani selama pembelajaran; 3) Upaya untuk mengatasi kendala pembelajaran daring yakni pembelajaran daring menggunakan pendekatan asinkronus. Siswa yang terkendala sinyal dapat bertanya ataupun mengajukan pendapat kapan saja.

Keywords


Manajemen; Pembelajararn Daring; Pandemi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Andiani, W., & Fitria, H. (2021). PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SD NEGERI 103 PALEMBANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, (s. 174-181). Palembang.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4).

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Cahyani, A., Listiana, I., & Larasati, S. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 30(1).

Cahyati N, Kusumah R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah . Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi , 152-159.

Chaeruman, U. A. (2020). Ruang belajar baru dan implikasi terhadap pembelajaran di era tatanan baru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1).

Hafida, Lilih, Wilanika, Ludi, Sapta . (2020). PENURUNAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SELAMA . Universitas Negeri Semarang.

Halima. (2020). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SAMAN 1 LAMBANDIA. Universitas Muhamadiyah Kendari .

Hidayat, M. T., Hasim, W., & Hamzah, A. (2020). Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Solusi atau Masalah Baru dalam Pembelajaran? Journal Civics & Social Studies, 4(2).

Mustakim. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Al asma: Journal of Islamic Education.

Nana, N., & Surahman, E. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran DigitalMenggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNFA (SeminarNasionalFisikaDanAplikasinya).

Nurhasanah S, P. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring di Masa Covid-19. REPOSITORY.

Nurhayati, S., Wahyuningsih, T., Alim, C. N., Khristianto, K., P. A., & Rakhmawati, F. (2021). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Daring untuk Guru Taman Kanak-Kanak. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1).

Sayekti, L. (2020). Dalam Menghadapi Pandemi: Memastikan Keselamatan dan Kesehatan di Tempat kerja. ILO, 7.

Sulandjari , R., & Hasiholan , L. B. (2020). PERAN PEMBELAJARAN ONLINEDALAM PEMBIMBINGANTUGAS AKHIR PADA KINERJAMAHASISWA DALAM PENYELESAIAN STUDI TEPATWAKTU DI UNIVERSITAS PANDANARAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Majalah Inspiratif, 90-108.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1).

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19). Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, 190.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i3.12032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maria Hartaningsih, Syarwani Ahmad, Syaiful Eddy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.