Pengelolaan Stres Akademik Di Masa Pandemi: Studi Kasus Pada Siswa Di Sidoarjo

Hana Putri Puji Astuti(1*)

(1) UIN Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari studi ini adalah untuk mendiskripsikan stres akademik siswa di Sidoarjo dapat terjadi; mendiskripsikan cara siswa di Sidoarjo dalam mengelola stres akademik dan mengambarkan upaya sekolah dalam mengurangi stres siswa di Sidoarjo saat pandemi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa: 1) penyebab stres siswa terjadi karena sulitnya memahami materi, beban tugas yang berlebih, kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, dan permasalahan dengan teman; 2) upaya yang dilakukan siswa di Sidoarjo dalam mengelola stres yakni dengan menjadwalkan pengerjaan tugas, mencari informasi lain dari internet atau teman sebaya, berolahraga, istirahat yang cukup,melakukan hal yang disenangi, mawas diri, dan bersikap sabar; 3) upaya sekolah dalam mengurangi stres siswa yakni dengan perbaikan model belajar sehinga menciptakan suasana kondusif, interaktif, dan menyenangkan.

Keywords


Stres Akademik; Manajemen Stres; Pembelajaran Daring; Mengelola Stres Akademik.

Full Text:

PDF

References


Adom, D., Chukwuere, J., & Osei, M. (2020). Academic Stres among Faculty and Students In Higher Institutions. Pertanika Journal: Sosial Sciences and Humanities, 28(2), 1055–1064.

Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif; Teori dan Praktik. Calpulis.

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(2), 98–104.

Azmy, A. N., Nurihsan, A. J., & Yudha, E. S. (2017). Deskripsi Gejala Stres Akademik Dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Stres Siswa Berbakat. Indonesian Journal Of Educational Conseling, 1(2), 197–208.

Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375.

Gea, A. A. (2014). Time Manajement: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efesien. Humaniora, 5(2), 777–785.

Izzati, I. D. C., Tentama, F., & Suyono, H. (2020). Academic Stress Scale: A Psychometric Study for Academic Stress in Senior High School. European Journal of Education Studies, 7(7), 153–167. http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v7i7.3161

Jones and Bartlett. (1994). Manajemen Stres (P. Widyastuti, Trans.). One Exeter Plaza.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Tim GLN Kemendikbud.

Lembaga Sensus Kependudukan. (2021). BPS Provinsi Jawa Timur. https://jatim.bps.go.id/indicator/12/375/1/jumlah-penduduk-provinsi-jawa-timur.html

Leontiev, D. (2013). Emerging Contexts and Meanings of Huuman Education. In O. Kovbasyuk & P. Blessinger (Eds.), Meaning-Centered Education: International Perspectives and Explorations in Higher Education. Routledge.

Liputan6.com. (2020, May 13). Survei KPAI: Belajar di Rumah Selama COVID-19 Bikin Anak Stres dan Lelah. liputan6.com. https://www.liputan6.com/health/read/4251622/survei-kpai-belajar-di-rumah-selama-covid-19-bikin-anak-stres-dan-lelah

Ma’arif, S. (2014). Perilaku Organisasi Pendidikan (1st ed.). UIN Sunan Ampel Press.

Muslim, M. (2020). MANAJEMEN STRESS PADA MASA PANDEMI COVID-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Musradinur. (2016). Stres Dan Cara Menanganinya Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Edukasi, 2(2), 183–200.

Nancy. (2019). Time management: Discovery Service for Perpustakaan Nasional Republik Indones. http://e-resources.perpusnas.go.id:2061/eds/detail/detail?vid=2&sid=b0b73413-128f-43cc-b439-0061c8034c86%40sdc-v-sessmgr01&bdata=JnNpdGU9ZWRzLWxpdmU%3d#AN=98402220&db=ers

Octasya, T., & Munawaroh, E. (2021). Level of Academic Stress for Students of Guidance and Counseling at Semarang State University During the Pandemic. Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.21831/ProGCouns

Purwanto, N. (2014). Pengantar pendidikan. Graha Ilmu.

Rahmawati, S., Firmiana, M. E., & Hadiansyah, A. (2021). Manajemen Stress Dan Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Al Azhar Indonesia. https://eprints.uai.ac.id/1543/

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Sudarma, M. (2021). Daring Duraring Belajar dari Rumah: Strategi Jitu Guru, Orang Tua, dan Siswa di Masa Pandemi. Elex Media Komputindo.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100–110. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434

Sugiyono. (2013). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Penerbit Alfa Beta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i2.10628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hana Putri Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.