Persepsi Dini Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Awal Pandemi COVID-19

Priarti Megawanti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada awal pandemi COVID-19 di Indonesia yaitu pada bulan Maret sampai Mei 2020. Selain juga tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang mahasiswa alami pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan angket berbentuk google form yang disebar melalui platform aplikasi Whatsapp. Angket disebar pada bulan April 2020. Data dari dianalisa dengan menggunakan tabel tabulasi silang dua arah untuk menunjukkan kecenderungan yang terjadi. Peneliti juga melakukan studi literatur untuk menguatkan temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara online memiliki beragam manfaat sekaligus juga kekurangan. Menariknya, penelitian ini menemukan kecenderungan-kecenderungan perbedaan persepsi antara mahasiswa dengan mempertimbangkan kluster wilayah responden penelitian.

Keywords


COVID-19; Daring Mahasiswa; Pandemi; Persepsi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i2.10506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Priarti Megawanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.