Hubungan Antara Locus Of Control Dan Perfeksionisme Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Dan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta

Isni Mardiani(1*), Sri Zulaihati(2), Ati Sumiati(3)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan locus of control dan perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan korelasional dan jenis data kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 266 mahasiswa terdiri dari mahasiswa Pendidikan Akuntansi dan mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2016 dan 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling sehingga sampelnya adalah 152 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan meggunakan kuesioner. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, persamaan regresi berganda, uji f, uji t dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini yaitu 1) Ada hubungan negatif antara locus of control dengan prokrastinasi akademik, 2) Tidak ada hubungan positif antara perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik dan 3)Ada hubungan antara locus of control dan perfeksionisme secara bersama-sama dengan prokrastinasi akademik.

Keywords


Locus of control; Perfeksionisme; Prokrastinasi akademik

Full Text:

PDF

References


Basri, A. S. H. (2018). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Religiusitas. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(2), 54–77. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.142-05

Batubara, J., & Asriatuzzekya. (2017). Contribution Locus of Control and Self Esteem to Student Academic Procrastination. Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 54–62. Retrieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/797

Gunawinata, V. A. R., Nanik, & Lasmono, H. K. (2008). Perfeksionisme, Prokrastinasi Akademik, dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Anima, Indonesian Psychological Journal, 23(3), 256–276.

Lasari, D. M., Marjohan, & Karneli, Y. (2019). Kontribusi Locus Of Control Dan Perfeksionis terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di SMAN 10 Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 1–28.

Pujiyanti, A. (2017). Pengaruh Intesitas Mengikuti Mentoring ( LIQ? ’ ) Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1, 13–20.

Sari, W. L., & Fakhruddiana, F. (2019). Internal locus of control , social support and academic procrastination among students in completing the thesis. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol., 8(2), 363–368. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17043

Steel, P. (2007). The nature of procrastination. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i1.10039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Isni Mardiani, Sri Zulaihati, Ati Sumiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.