Efektivitas Penggunaan Model Belajar Koperatif Inside Outside Circle pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Siswa Tingkat Dasar

Elyza Martiarini(1*), Risa Mufliharsi(2)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Inside-outside-circle adalah model pembelajaran dimana siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Adapun informasi yang saling dibagi merupakan isi materi pembelajaran yang mengarah pada tujuan pembelajaran. Pada saat berbagi informasi, maka semua siswa akan saling memberi dan menerima informasi pembelajaran. Tujuan model pembelajaran ini adalah melatih siswa belajar mandiri dan belajar berbicara menyampaikan informasi kepada orang lain, selain itu juga melatih kedisiplinan dan ketertiban. Inside Outside Circle memiliki strategi pencapaian kompetensi peserta didik dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang efektif dan spesifik yang akan mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran khususnya Bahasa Inggris demi mewujudkan suatu pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang akan diterapkan dalam kegiatan belajar dengan harapan dapat membuat suasana pengajaran bahasa Inggris menjadi kreatif dan inovatif serta para siswa mendapatkan suasana baru dalam belajar dengan menggunakan model yang menyenangkan.
 
Kata kunci: Inside Outside Circle, kosakata bahasa Inggris tingkat  dasar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azhari, M.A., Yusuf Ali., Suwignyo, H., Hasanah, M. (2013). Penerapan Pembelajaran Koperatif Model Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Hasil belajar Apresisi Dongeng Siswa Kelas VIIC MTsN Ngronggtot Nganjuk. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gavruseva, H.B.E. (2008). Current Trend in Child Second Language Acquisition. Philadelphia: John Benjamin Publishing Company.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lie, A. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia. Cet. Ke-5.

_____. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Maufur, H.F. (2009). Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Semarang: PT Sindur Press.

Moon, J. (2000). Children Learning English. Oxford: Macmillan Publishers Limited.

Suprijono, A. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.904

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Elyza Martiarini, Risa Mufliharsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.