Analisis Karakter Tokoh dan Nilai Pendidikan dalam Cerpen Guru Karya Putu Wijaya

Kasmanah Kasmanah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter tokoh dan nilai pendidikan yang terdapat dalam cerpen Guru karya Putu Wijaya. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dan pendekatan kontekstual. Data digambarkan dalam bentuk deskriptif kualitatif melalui membaca dan menganalisis kemudian mendeskripsikan karakter tokoh dan nilai pendidikan pada cerpen Guru karya Putu Wijaya dalam bentuk persentase. Berdasarkan metode showing (tidak langsung) melalui dialog dan aksi tokoh yang terdiri dari karakteristik tokoh saat percakapan, tempat dan situasi tokoh, identitas tokoh oleh penutur lain, kualitas mental tokoh saat berdialog, intonasi dan dialek tokoh serta tindakan tokoh, menghasilkan 33 karakter tokoh. Sedangkan dalam cerpen Guru karya Putu Wijaya ditemukan sebanyak 11 temuan yang mengandung nilai Pendidikan. Nilai-nilai tersebut meliputi motivasi, nasihat, rela berkorban, kasih sayang, tolong-menolong, menghormati orang tua, berani, dan pantang menyerah. Karakter tokoh dan nilai pendidikan tersebut secara keseluruhan dapat memberikan pembelajaran kepada pembaca terutama menarik untuk diteladani dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.


Keywords


Cerpen Guru, Karakter Tokoh dan Nilai Pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, N. M. (1979). Dasar-dasar ilmu mendidik. Jakarta: Mutiara.

Aminuddin. (2002). Pengantar apresiasi karya sastra. Bandung: Sinar Baru Oetomo,

Djojosuroto, K. (2006). Teks sastra dan pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Book.

Kasiram, M. (2010). Metodologi penelitian kualitatif-kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar keterampilan sastra. Bandung: Yrama Widya.

Minderop, A. (2011). Metode karakterisasi telaah fiksi. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Dharma.

Nurgiantoro, B. (2012). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Pranoto, N. (2015). Seni menulis cerita pendek. Jakarta: PT Opuss Agrapana Mandiri

Ratna, N. K. (2004). Estetika sastra dan budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo, J., & Saini K.M. (1986). Apresiasi kesusastraan. Surakarta: Widya Duta.

Sutejo. (2010). Sosiologi sastra (Menguak dimensionalitas sosial dalam sastra). Yogyakarta: Spectrum Center Press dan Pustka Felica.

Suwarni, S. (2018). Bahasa Indonesia 2. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Zaidan, A. R., Rustapa, K. A., & Haniā€™ah. (2004). Kamus istilah sastra. Jakarta. Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v13i1.8364

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kasmanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.