Penggunaan Penggalan Film Frozen dalam Pemelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Nurmala Hendrawaty(1*), Lutfiansyah Lutfiansyah(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memotivasi peserta didik tingkat SMP di lingkungan RT 003 RW 08 Jati Jajar II Kelurahan Jati Jajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, akan pentingnya keterampilan berbicara Inggris. Keterbatasan biaya dan kurangnya kesadaran akan pentingnya penguasaan bahasa asing (Inggris) merupakan faktor yang menyebabkan sebagian besar peserta didik memiliki pengetahuan dan penguasaan bahasa Inggris yang rendah. Oleh sebab itu, kami memberikan materi dalam bentuk penggalan film Frozen ditambah dengan ice breaking dan games. Pemelajaran disampaikan melalui tiga tahapan, yaitu pre viewing, film viewing, dan post viewing. Peserta didik SMP berpartisipasi aktif dalam proses pemelajaran dan diharapkan mampu mempraktikkan percakapan secara berpasangan sesuai dengan tema penggalan film yang telah dipersiapkan. Tiga penggalan film Frozen antara lain: Act of True Love, Happy Ending, dan Anything You Can Do. Di akhir pengajaran, kami melakukan penilaian, evaluasi, serta memberikan apresiasi kepada peserta didik yang aktif dalam proses pemelajaran.


Kata Kunci: Film Frozen, Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Anderson, R.H. (1994). Pemilihan dan Pengembangan Media Video Pembelajaran. Grafindo Pers: Jakarta.

Azhar, A. (2002). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Dedi, M. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Hal 72-75. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Lutfiansyah. (2007). Teaching Speaking to Senior High School through Movies Discussion. English Department of STBA IEC, Jakarta.

Rossen, D. (1999). Talk about Teach Series. drossen@dept.English.Upenn.Edu

Wahyuningsih, M. G. S., dkk. (2004). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus di SMPN 3 Bawen). Jurnal eknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2, No.1, hal 79-92. UNS. Semarang.

Waryanto, N.H. (2007). Penggunaan Media Audio Visual dalam Menunjang Pembelajaran. Hal 1-8. UNY. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v8i02.724

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurmala Hendrawaty, Lutfiansyah Lutfiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.