PENGARUH PENGUASAAN KOSA KATA DAN STRUKTUR KALIMAT TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA
(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empirik dan menganalisis pengaruh penguasaan kosakata dan struktur kalimat melalui pemahaman membaca. Penelitian dilakukan di SMP Kesuma Bangsa Beji Depok dari tanggal 7 Maret sampai dengan 7 Mei 2015. Metode yang digunakan adalah Survei dengan teknik korelasi berganda. Berdasarkan hasil penelitian maka simpulannya adalah terdapat pengaruh penguasaan kosakata dan struktur kalimat terhadap pemahaman membaca. Hal ini diperlihatkan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,918 dengan kontribusi sebesar 84,2% terhadap pemahaman membaca. Pengaruh ini signifikan dengan nilai sig yang diperoleh adalah sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti pengaruhnya signifikan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan penguasaan kosakata terhadap pemahaman membaca siswa. Pengaruh ini signifikan dengan nilai sig yang diperoleh adalah sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti pengaruhnya signifikan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan penguasaan struktur kalimat terhadap pemahaman membaca. Pengaruh ini signifikan dengan nilai sig yang diperoleh sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.
Kata kunci: Penguasaan Kosakata,Struktur Kalimat dan Pemahanan Membaca
Full Text:
PDFReferences
Alan Cruse. 2004. Meaning in Language. Oxford.
Anderson, Mark and Kathy An. 2003. Text Types in English. South Yana Mac Millan.
Benhard, Longman 2008. The Facts on File Students Dictionary of America
Brown H D ZftM. Language Assessment. New York: Longman.
Fraenkel, Jack R and Norman 2003. How to Design and Evaluate Research in Education. Me Graw Hill.
Jack C. Richard. 2002. Methodology in Language Teaching. Cambridge: University Press.
Kennedy, Eddie C. 1981. Methodh in Teaching Developmental Reading 2 Edition. West Virginia University
Krashen 1981. Second Language Acquisition.
Marry Spratt, Allan Pulverness, Melanie Williams. 2005. The Teaching Knowledge Test (TKT). Cambridge University.
Murcia, Marianne Celce. 2001. Teaching English as a Second of Foreign Language. Third Edition. United State.
Nation. 2001. Learning Vocabulary in Another Language.
Nunan, David. 1991. Language Teaching Methodology: A textbook for Teacher. Macquire University: Sidney
Nunan, David. 2007. What is This Thing Called Language. New York: Palgrave Macimilan
Penny UV. 2006. A Course In Language Teaching. Cambridge University Press.
Ricard, Jack C & Theodore S Rodgers,. 2003. Approach and Method in Language Teaching second Edition. Cambridge University of Press.
Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta : Ufuk Edu.
Thornbury, Scott. 2002. How To Design and evaluate Research in Education. Mc. Graw Hill.
Thornbury. 2002. How to Teach Vocabulary.
Wilga, Rivers M.. 1981. Teaching Foreign Language Skills. London: The University Of Chicago
Wilge, River. 1981. Teaching Langugae Skills US.
Yorkey. Richard, 1997. Skill in English: Stems, Prefixes and Suffiex
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v7i03.549
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Christanto Dwi Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |