ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KARAKTER

Asti Ramadhani E Lestari(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kebutuhan terhadap pembelajaran bahasa Inggris berbasis pendidikan karakter. Analisis kebutuhan dilakukan kepada guru dan peserta didik sebagai pelaksana program pembelajaran. Analisis kebutuhan ini dilakukan dengan metode deskriptif analisis dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data. Hasil analisis kebutuhan yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai karakter yang dianggap paling penting oleh peserta didik adalah religius dan tanggung jawab. Hasil analisis kebutuhan juga menunjukkan bahwa unsur dan keterampilan bahasa yang paling sulit adalah tata bahasa dan menyimak. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik, peserta didik membutuhkan materi ajar berupa video, naskah dalam bermain peran, teks yang digunakan untuk dapat memahami struktur dan pengorganisasiannya, serta teks untuk menulis bebas.Peneliti berharap akan adanya penelitian lanjutan dari hasil analisis kebutuhan ini. Penelitian lanjutan yang dapat dilakukan berupa pengembangan silabus, materi ajar, dan juga evaluasi pembelajaran.


Kata Kunci : Bahasa, Pembelajaran, Karakter


Full Text:

PDF

References


Brown , H Douglas. 2001 Teaching by principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, New York: Pearson Education, Inc.

Brown , James Dean. 1995. The Elements of Language Curriculum, Massachucets: Heinle & Heinle Publishers.

Ellis, Arthur K., James A. Mackey, Allen D. Glen. 2004. The School Curriculum. New York: Pearson education, Inc.

Lickona, Thomas. 2009 . Educating for Character, New York: Bantam.

Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.

clipboard;Brown , H Douglas. 2001 Teaching by principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, New York: Pearson Education, Inc.

Brown , James Dean. 1995. The Elements of Language Curriculum, Massachucets: Heinle & Heinle Publishers.

Ellis, Arthur K., James A. Mackey, Allen D. Glen. 2004. The School Curriculum. New York: Pearson education, Inc.

Lickona, Thomas. 2009 . Educating for Character, New York: Bantam.

Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v6i03.525

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asti Ramadhani E Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.