ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KARAKTER
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kebutuhan terhadap pembelajaran bahasa Inggris berbasis pendidikan karakter. Analisis kebutuhan dilakukan kepada guru dan peserta didik sebagai pelaksana program pembelajaran. Analisis kebutuhan ini dilakukan dengan metode deskriptif analisis dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data. Hasil analisis kebutuhan yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai karakter yang dianggap paling penting oleh peserta didik adalah religius dan tanggung jawab. Hasil analisis kebutuhan juga menunjukkan bahwa unsur dan keterampilan bahasa yang paling sulit adalah tata bahasa dan menyimak. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik, peserta didik membutuhkan materi ajar berupa video, naskah dalam bermain peran, teks yang digunakan untuk dapat memahami struktur dan pengorganisasiannya, serta teks untuk menulis bebas.Peneliti berharap akan adanya penelitian lanjutan dari hasil analisis kebutuhan ini. Penelitian lanjutan yang dapat dilakukan berupa pengembangan silabus, materi ajar, dan juga evaluasi pembelajaran.
Kata Kunci : Bahasa, Pembelajaran, Karakter
Full Text:
PDFReferences
Brown , H Douglas. 2001 Teaching by principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, New York: Pearson Education, Inc.
Brown , James Dean. 1995. The Elements of Language Curriculum, Massachucets: Heinle & Heinle Publishers.
Ellis, Arthur K., James A. Mackey, Allen D. Glen. 2004. The School Curriculum. New York: Pearson education, Inc.
Lickona, Thomas. 2009 . Educating for Character, New York: Bantam.
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
clipboard;Brown , H Douglas. 2001 Teaching by principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, New York: Pearson Education, Inc.
Brown , James Dean. 1995. The Elements of Language Curriculum, Massachucets: Heinle & Heinle Publishers.
Ellis, Arthur K., James A. Mackey, Allen D. Glen. 2004. The School Curriculum. New York: Pearson education, Inc.
Lickona, Thomas. 2009 . Educating for Character, New York: Bantam.
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v6i03.525
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Asti Ramadhani E Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |