Bentuk Implikatur Ilokusi dalam Perspektif Penjual dan Pembeli di Pasar: Kajian Berdasarkan Teori Austin

Maria Fransisca(1*), Wendy Fernando Bangun(2), Eko Kuntarto(3), Ade Kusmana(4)

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tindak tutur ilokusi yang terjadi antara penjual dan pembeli di pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi komunikasi. Objek penelitian ini adalah bentuk tuturan ilokusi yang terjadi pada interaksi antara penjual dan pembeli di pasar. Responden dalam penelitian ini adalah penjual dan pembeli di pasar tradisional yang dipilih secara random. Teknik pengumpulan data penelitian ini mencakup proses observasi partisipan, rekaman tuturan, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perekaman dan transkripsi. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik analisis wacana. Penelitian ini menggunakan teori Austin tindak tutur ilokusi kajian pragmatik untuk mengetahui tindak tutur ilokusi pada interaksi penjual dan pembeli di pasar. Hasil penelitian ini ditemukan 19 bentuk implikatur ilokusi diantaranya 7 ilokusi asertif, 7 ilokusi direktif, 2 ilokusi ekspresif, 2 ilokusi komisif, dan 1 ilokusi deklarasi.

References


Rizqa Zhafira, & Awang Gandi Sebastian. (2023). Bentuk Implikatur Ilokusi Antar Pedagang dan Pembeli di Pasar Pagi. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 11(2), 65–69. https://doi.org/10.31091/sw.v11i2.2175

Almahdi, Z., & Kartikasari, R. D. (2022). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, Dan Perlokusi Dalam Cerita Pendek Langit Makin Mendung Karya Ki Panji Kusmin: Kajian Sosiolinguistik. Prosiding Seminar Nasional Sasindo, 2(2), 186–196. https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22093

Anak Agung ayu Dian Andriyani, & I Dewa Ayu Devi Maharani Santika. (2022). Wujud Tindak Tutur Pada Interaksi Penjual Dan Pembeli Di Warung Makan. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 6(2), 99–105. https://doi.org/10.22225/kulturistik.6.2.3961

Bila, S., Nia Paramitha Rosadi, & Purwanti. (2023). Analisis Implikatur Percakapan Antara Penjual Dan Pembeli Di Pasar Sungai Pinang Dalam Samarinda. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 11(1), 35–41. https://doi.org/10.31091/sw.v11i1.2180

Cahyo, A. N. (2022). Tindak Tutur Lokusi,Ilokusi Dan Perlokusi Dalam Interaksi Penjual Dengan Pembeli Di Pasar Raya Mmtc. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 19(2), 144–153. https://doi.org/10.37755/jsbi.v19i2.675

Kusmana, A. (2021). Makna Leksikal Nama-Nama Hidangan Makanan Tradisional Khas Provinsi Jambi. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora. 05(2).

Puspakartika, A., Wirza, Y., & Muniroh, R. D. D. (2024). Tindak Tutur Ilokusi dalam Interaksi Penjual dan Pembeli di Rumah Batik Cipaku. Journal on Education, 6(4), 22396–22405. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6194

Rahangmetan, R. L., Widayati, W., & Tobing, V. M. T. L. (2023). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Penjual Dan Pembeli Di Pasar Jargaria Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Buana Bastra, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.36456/bastra.vol10.no2.a8005

Urbaningrum, T., Triana, L., & Sari, V. I. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Pada Youtube Nihongo Mantappu “Jika Aku Menjadi Menteri Pendidikan….” Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(02), 91–100. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i02.593

Searle, J. R. (1979). Expression and Meaning: Studies in the Theory of Speech Acts. Cambridge: Cambridge University Press

Levinson, S. C. (1983). Pragmatics. Cambridge University Press

Yule, G. (1996). Pragmatics. Oxfort University Press

Kuntarto, E. (2016). Kesantunan Berbahasa Ditinjau Dari Prespektif Kecerdasan Majemuk. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 16(2)

Jamaludin Z and Serlin M F 2023 Tindak Tutur dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Waelengga Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur Retorika J. Pembelajaran Bhs. dan Sastra Indones. 4 37–46

Mangesa F B and Kandari’ H 2021 Tindak Tutur Langsung Dan Tidak Langsung Dalam Transaksi Jual Beli Mataallo Masy. Peneliti Pendidik. Bhs. Indones. 1 44–50

Rini I O 2023 Tindak Tutur Asertif Dalam Interaksi Jual Beli Di Pasar Bondowoso Dan Pemanfaatannya Dalam Teks Negosiasi Di Sma Ling. Fr. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 7 55

Nurhidayah, Y. (2017). Pola Komunikasi Perempuan Pesisir: Studi Etnografi Komunikasi. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. 1(2). DOI: 10.15575/cjik.v1i2.5060

Lismayanti, H. (2018). Tindak Tutur Lokusi Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Sudi Mampir Banjarmasin. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 3(1)

Andriarsih, L dkk. (2020). Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Penjual dan Pembeli Online Shop di Media Sosial Whatsapp. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam. 12(2)

Sihotang, R. (2018). Aneka Tindak Tutur Interaksi Sosial Di Pasar Tradisional Aksara Medan. MEDAN MAKNA. 16(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v17i1.26510

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Maria Fransisca

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.