Hubungan antara Persepsi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi di SMA Tugu Ibu Depok

Nur Irwansyah
Munasiah Munasiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan keterampilan menulis karangan argumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif meliputi seluruh siswa di SMA swasta Depok tersebut. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XII tahun ajaran 2016/2017, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Masalah yang diteliti, yaitu hubungan antara persepsi dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, dan persepsi dan kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi. Analisis inferensi yang digunakan adalah analisi regresi berganda. Hasil penelitian yang dihasilkan terdapat hubungan yang positif antara persepsi dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, dan hubungan yang positif antara persepsi dan kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi.

Kata kunci: Keterampilan menulis, karangan argumentasi, kemampuan berpikir kritis, dan persepsi diri


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Johnson, B. E. (2007). Contextual Teaching and Learning (Terjemahan). Bandung: MLC.

Keraf, G. (2006). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Garmedia Pustaka Utama.

Liliasari. (2016). Berpikir Kritis dalam pembelajaran sains kimia menuju profesionalitas guru.[online]. Diambil dari:http://file.upi.edu/Direktori/SPS/Prodi.Pendidikan. diakses pada 4 September 2016.

Nurgiyantoro, B. (2009). Penliaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno dan Yunus. M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryanto dkk. (2007). Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: PT Erlangga.

Suwarno, W. (2009). Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wibowo, T. (2008). Jurus Maut Menguasai Materi Bahasa Indonesia SMA/MA. Yogyakarta: Locus.

Wingkel. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2470

Article metrics

Abstract views : 42 | Full Text views : 168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexed by:


Editorial Office:
Research and Community Service
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Statistik Deiksis

Flag Counter

Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.