Hubungan antara Persepsi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi di SMA Tugu Ibu Depok
(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan keterampilan menulis karangan argumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif meliputi seluruh siswa di SMA swasta Depok tersebut. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XII tahun ajaran 2016/2017, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Masalah yang diteliti, yaitu hubungan antara persepsi dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, dan persepsi dan kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi. Analisis inferensi yang digunakan adalah analisi regresi berganda. Hasil penelitian yang dihasilkan terdapat hubungan yang positif antara persepsi dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi, dan hubungan yang positif antara persepsi dan kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis karangan argumentasi.
Kata kunci: Keterampilan menulis, karangan argumentasi, kemampuan berpikir kritis, dan persepsi diri
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Johnson, B. E. (2007). Contextual Teaching and Learning (Terjemahan). Bandung: MLC.
Keraf, G. (2006). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Garmedia Pustaka Utama.
Liliasari. (2016). Berpikir Kritis dalam pembelajaran sains kimia menuju profesionalitas guru.[online]. Diambil dari:http://file.upi.edu/Direktori/SPS/Prodi.Pendidikan. diakses pada 4 September 2016.
Nurgiyantoro, B. (2009). Penliaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suparno dan Yunus. M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suryanto dkk. (2007). Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: PT Erlangga.
Suwarno, W. (2009). Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wibowo, T. (2008). Jurus Maut Menguasai Materi Bahasa Indonesia SMA/MA. Yogyakarta: Locus.
Wingkel. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2470
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nur Irwansyah, Munasiah Munasiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |