Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Online tentang Rendahnya Literasi dan Minat Baca di Indonesia

Arya Wijaya Pramodha Wardhana(1*), Laksmi Laksmi(2)

(1) 
(2) Universitas Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji bagaimana media online Kumparan menggambarkan isu rendahnya literasi dan minat baca di Indonesia melalui pendekatan Analisis Wacana Kritis (Critical Discourse Analysis - CDA). Rendahnya tingkat literasi dan minat baca di Indonesia merupakan isu yang kompleks, mencerminkan dinamika sosial, ekonomi, dan budaya. Penelitian ini berfokus pada pemberitaan Kumparan, salah satu media online terkemuka di Indonesia, untuk memahami bagaimana isu ini dikonstruksi dan disajikan kepada publik. Pendekatan CDA dari Van Dijk digunakan untuk menganalisis struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro dari teks-teks artikel. Hasil analisis menunjukkan bahwa media online cenderung menekankan aspek negatif dari rendahnya literasi tanpa cukup menyoroti inisiatif positif dan upaya perbaikan yang telah dilakukan. Pemberitaan ini dapat membentuk persepsi fatalis di kalangan masyarakat, mengaburkan potensi solusi dan perkembangan positif yang ada. Studi ini menyoroti pentingnya media dalam membingkai isu literasi secara lebih seimbang dan konstruktif, serta implikasinya bagi kebijakan publik dan strategi komunikasi dalam kampanye literasi.


Keywords


analisis wacana kritis; literasi; minat baca; media online; konstruksi isu

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–12.

Bainar, B., & Handayani, S. (2023). Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Anak Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 84–88.

Baker, D., Ellis, L., Williams, C., & Wragg, C. (2023). Benchmarking Library, Information and Education Services: New Strategic Choices in Challenging Times. Elsevier.

Cai, M., Luo, H., Meng, X., Cui, Y., & Wang, W. (2022). Influence of information attributes on information dissemination in public health emergencies . In Humanities & social sciences communications (Vol. 9, Issue 1, p. 257). Palgrave Macmillan . https://doi.org/10.1057/s41599-022-01278-2

Fairclough, N. (2003). Analysing discourse (Vol. 270). routledge London.

Firdausy, B. A., & Prasetyo, Z. K. (2020). Improving scientific literacy through an interactive e-book: a literature review . In Journal of physics. Conference series (Vol. 1440, Issue 1, p. 12080). IOP Publishing . https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012080

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.

Hasugian, J., & Lubis, D. (2021). Library service quality and student trust: A case study of the university of sumatera utara library, Indonesia. DESIDOC Journal of Library and Information Technology, 41(5), 345–351. https://doi.org/10.14429/djlit.41.5.16406

Jin, W. (2024). Cultures of reading: Then and now. International Journal of Cultural Studies, 13678779231218396.

Khaeruddin, K., Bahri, B., Ahmadin, A., Tati, A. D. R., & Wulandari, F. (2023). Literasi Budaya dan Rekreasi Bagi Peserta Didik di SMP Negeri 3 Galung Kabupaten Barru. Inisiatif: Jurnal Dedikasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 102–108.

Kim, H. J., Yi, P., & Hong, J. I. (2021). Are schools digitally inclusive for all? Profiles of school digital inclusion using PISA 2018. Computers and Education, 170. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104226

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital Di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran dan Mitra Yang Dilakukan oleh JAPELIDI. INFORMASI - Kajian Ilmu Komunikasi Volume, 47(2), 1–18. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2.16079

Mannan, E. F. (2019). The role of village libraries to improve information literacy in rural communities. Library Philosophy and Practice, 2019. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85088632459&partnerID=40&md5=ad75e4c841bc6f427cf2ac5f9a02a590

Muthukrishna, N., & Engelbrecht, P. (2018). Decolonising inclusive education in lower income, Southern African educational contexts. South African Journal of Education, 38(4). https://doi.org/10.15700/saje.v38n4a1701

Pionke, J. J. (2022). Stigma Within the Library: Barriers to Employee Disability Accommodation. Disabilities and the Library: Fostering Equity for Patrons and Staff with Differing Abilities, 459.

Schmuck, D., Hirsch, M., Stevic, A., & Matthes, J. (2022). Politics – Simply Explained? How Influencers Affect Youth’s Perceived Simplification of Politics, Political Cynicism, and Political Interest. International Journal of Press/Politics, 27(3), 738–762. https://doi.org/10.1177/19401612221088987

Suasih, N. N. R., Budhi, M. K. S., & Wijaya, P. Y. (2022). Inclusive crowdfunding scheme as capital source alternative for rural agriculture in Indonesia . In IOP conference series. Earth and environmental science (Vol. 977, Issue 1, p. 12053). IOP Publishing . https://doi.org/10.1088/1755-1315/977/1/012053

Sugihartati, R. (2013). Reading For Pleasure among Urban Adolescents. Reading, 3(6).

Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.

Tully, M., & Vraga, E. K. (2020). News media literacy , perceptions of bias , and interpretation of news. Journalism, 21(2), 209–226. https://doi.org/10.1177/1464884918805262

Van Dijk, T. A. (2017). Analyzing Frame Analysis. A Critical Assessment of Framing Theories and Methods in Social Movement Research. Submitted to Social Movement Studies.

Van Dijk, T. A. (2023). Analyzing frame analysis: A critical review of framing studies in social movement research. Discourse Studies, 25(2), 153–178.

von Rosenberg, F. (2016). Education as habitus transformations. Educational Philosophy and Theory, 48(14), 1486–1496. https://doi.org/10.1080/00131857.2016.1144168




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v17i1.23881

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Arya Wijaya Pramodha Wardhana, Laksmi Laksmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.