Kampanye tentang Bullying dan Hate Speech di SMK Kartini Batam

Erlina Erlina(1*), Julyanto Julyanto(2), Leo Francisco(3), Olive Beckam(4), Wenseslaus Harley Hardiwinata(5), Winsherly Tan(6)

(1) 
(2) Batam International University
(3) Batam International University
(4) Batam International University
(5) Batam International University
(6) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penindasan adalah tindakan agresif yang berhubungan dengan kekerasan fisik maupun psikis yang umum terjadi di lingkungan sekolah. Tindakan ini dilakukan secara berulang kali oleh seseorang ataupun sekelompok orang untuk mengintimidasi sasaran/korban yang terlihat lebih lemah dari pelaku. Dampak yang dapat ditimbulkan dari perilaku tersebut yaitu gangguan mental maupun sosial dan kecacatan fisik Sedangkan, ujaran kebencian merupakan perilaku negatif yang dapat dilakukan secara tertulis maupun tidak dan juga langsung atau tidak. Perilaku ini tidak mencerminkan karakter bangsa Indonesia yang dapat menyebabkan terjadinya tindakan kekerasan dan intoleransi. Oleh karena itu, diadakan kegiatan ini dengan sasaran siswa/siswi SMK Kartini Batam, yang bertujuan (1) Untuk memberikan informasi tentang bahaya penindasan dan ujaran kebencian di lingkungan sekolah dan (2) Untuk meningkatkan kesadaran diri siswa/siswi sebelum melakukan perbuatan buruk seperti penindasan dan ujaran kebencian. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan melalui kampanye dengan menayangkan video dan poster secara daring. Setelah kegiatan tersebut, dilaksanakan evaluasi yang didapat dari kuesioner berupa umpan balik dari siswa/siswi untuk mengetahui respon terhadap video dan poster. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini terlaksana dengan baik dan dapat menambah wawasan baru. Materi yang diberikan juga dapat secara mudah dipahami dan jelas.


Keywords


Bullying; hate speech; school; violence; campaign

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dhahri, I., & Khaer, N. (2019). Analisis Kebebasan Berpendapat (Freedom of Speech) Dalam Kaitannya Dengan Ujaran Kebencian (Hate Speech) Oleh Mahasiswa di Kota Makassar. Seminar Nasional LP2M UNM.

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma, 6(2).

Hidayati, N. (2012). Bullying pada anak: Analisis dan alternatif solusi. Jurnal Insan, 14(1), 41-48.

Ifroh, R. H., Rahmadani, A. D. R. S., Habibburahman, M., & Fajariani, W. (2019). Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Di Wilayah Kampung Kb Pelita Kencana Kelurahan Pelita Mengenai Bullying Usia Sekolah. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 183.

Irawan. (2018). Hate Speech di Indonesia: Bahaya dan Solusi. Mawa’izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 1–17.

Hariyawan, S., & Supeno, B. J. (2020). Penegakkan Hukum Terhadap Tindak Pidana Ujaran Kebencian (Hate Speech). Jurnal Juristic, 1(01), 41-51.

Khoerunnisa, R., Abidin, Y. Z., & Ma'arif, A. A. (2018). Aktivitas Kampanye Public Relations dalam Mensosialisasikan Internet Sehat dan Aman. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 1(4), 59-77.

KPAI. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI. Diakses pada 22 April 2021, dari https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai.

Mu’ammar, M. A. (2017). Hate Speech dan Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 19–32.

Yandri, H. (2014). Peran Guru BK/Konselor dalam Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah. Jurnal Pelangi, 7(1), 97–107.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i1.9682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.