Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat fokus untuk menerbitkan artikel hasil luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk apapun, baik yang berupa produk atau dalam bentuk modul dan metode. Jurnal ini menampung publikasi karya dari semua bidang keilmuan, baik bidang sains, teknologi maupun seni dan humaniora.

 

Section Policies

Artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat adalah Jurnal peer-review double-blind. Ini berarti bahwa baik identitas reviewer dan penulis disembunyikan dari reviewer lain, dan sebaliknya, selama proses review. Naskah yang dikirim dievaluasi oleh reviewer anonim untuk kontribusi, orisinalitas, dan relevansi. Pemilihan reviewer sangat penting untuk proses publikasi, dan kami mendasarkan pilihan kami pada banyak faktor, termasuk keahlian, reputasi, rekomendasi spesifik, dan pengalaman kami sebelumnya tentang karakteristik reviewer. Kami memeriksa potensi reviewer sebelum mengiriminya naskah untuk dilakukan proses review. Reviewer berhak untuk menolak naskah jika naskah tidak cocok dengan bidang / keahlian. Reviewer harus ingat bahwa semua korespondensi dalam jurnal ini berisi informasi rahasia, yang harus diperlakukan seperti itu.

Secara umum, kami membutuhkan waktu dua bulan tuntuk memberi tahu Anda tentang hasilnya. proses peer review diperkirakan memakan waktu hingga empat bulan.

 

Publication Frequency

Frekuensi terbitan per empat bulan yaitu terbit setiap bulan Januari, Mei dan September

 

Open Access Policy

Articles in Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC License Creative Commons Attribution-noncommercial 4.0 International License http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ . 

Creative Commons License
 

this journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full-text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative

boai boai

 

Archiving

Untuk memastikan kesinambungan data artikel yang telah dipublikasikan agar dapat diakses oleh semua orang, editor mengambil kebijakan untuk setiap edisi terbitan Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan pengarsipan digital di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Naskah yang telah diterbitkan masing-masing edisi terbitan dikirim ke perpustakaan nasional sebanyak dua salinan dan OAI.

Setiap Anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), memiliki hak untuk menggunakan penulisan koleksi digital online kami (e-Resources).

Untuk menjadi anggota Perpusnas RI, silakan lakukan pendaftaran online melalui http://keanggotaan.perpusnas.go.id, atau dengan mengunjungi PERPUSNAS di gedung layanan di Jalan Salemba Raya 28 Jakarta Pusat atau Jalan Merdeka Selatan 11 Jakarta Pusat.

Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat juga mengimplementasikan PKP Private LOCKSS Network (PLN) preservation function.

Konten Jurnal semua-digital disimpan di server aman yang sering dicadangkan. Jika terjadi masalah, pencadangan akan dipulihkan dalam waktu 48 jam.

 

Publication Ethics

Tugas Penulis

Penulis harus mempresentasikan diskusi yang obyektif tentang pentingnya karya penelitian mereka serta detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Penulis juga harus memastikan bahwa karya mereka sepenuhnya orisinal, dan karenanya di mana pun dan kapan pun karya dan / atau kata-kata orang lain digunakan, semua contoh harus diakui secara tepat. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Penulis tidak boleh mengirimkan artikel yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama ke lebih dari satu jurnal. Penulis korespondensi yang harus memastikan bahwa ada konsensus penuh bersama dari semua penulis dalam menyetujui versi akhir naskah dan pengajuannya untuk publikasi. Penulis harus menanyakan kepada pemegang hak cipta asli (biasanya penerbit atau penulis asli), apakah materi ini dapat digunakan kembali atau tidak.

Penjiplakan, pernyataan yang menipu atau tidak akurat yang diketahui merupakan perilaku tidak etis tidak dapat diterima.


Tugas Editor

Para editor mengevaluasi naskah secara eksklusif berdasarkan prestasi akademis mereka. Editor tidak boleh menggunakan informasi yang tidak dipublikasikan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Setiap kali keluhan etis diajukan mengenai naskah yang dikirimkan atau artikel yang diterbitkan, editor harus mengambil tindakan yang wajar untuk memastikan kepatuhan terhadap standar etika penulisan. Informasi dan ide yang dikirim harus dirahasiakan dan tidak dapat digunakan untuk keuntungan atau keuntungan pribadi. Editor harus memberikan keputusan final setelah berdiskusi dengan managing editor, section editor dan reviewer berdasarkan kepatuhan, orisinalitas, dan kualitas artikel. Adalah tugas editor untuk memperbaiki artikel jika permintaan datang dari penulis. Jika perlu, tindakan lain yang sesuai harus diambil pada saat pemrosesan artikel. Editor harus membahas dan mengambil langkah-langkah yang memadai tentang keluhan etis terhadap data dan / atau metodologi yang dipublikasikan. Komunikasi lebih lanjut harus dilakukan dengan penulis korespondensi.

Editor harus mengevaluasi naskah-naskah tersebut di awal tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, kewarganegaraan dll.


Tugas Reviewer

Semua naskah yang diterima untuk direview harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Setiap reviewer yang ditunjuk dan merasa tidak memenuhi syarat untuk mereview sebuah naskah, atau tidak mungkin melakukan proses review dengan tepat, harus memberi tahu editor dan mundur dari proses review. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan naskah.

Review harus dilakukan secara objektif, dan pengamatan harus dirumuskan dengan jelas dengan argumen yang mendukung sehingga penulis dapat menggunakannya untuk memperbaiki makalah.


Others Core Practices of Publications

Kami benar-benar mencoba untuk mengatur dan mematuhi etika publikasi dan pernyataan malpraktik publikasi oleh Komite Etika Publikasi (COPE). Karena itu, kesesuaian dengan standar perilaku etis diharapkan dari semua pihak yang terlibat: penulis, editor, dan penerbit. Informasi terperinci tentang COPE dan Praktik Inti Publikasi, silakan kunjungi Core Practices of Publications.

 

Online Submitting Manuscript Guidlines

Naskah harus diserahkan oleh salah satu dari dua sistem (prosedur kedua akan lebih disukai):

  1. Pengajuan naskah harus dilakukan dengan Sistem Pengajuan Online di situs OJS Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm
  2. Pertama, penulis harus mendaftar sebagai penulis atau reviewer (memeriksa peran sebagai penulis atau reviewer) di “Register” atau https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/user/register
  3. Setelah pendaftaran selesai, masuk sebagai penulis, klik “New Submission”. Tahap pengiriman artikel terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) Start, (2) Upload Submission, (3) Enter Metadata, (4) Upload Supplementary Files, (5) Confirmation..
  4. Di kolom "Start", pilih (1) Start, (2) Upload Submission, (3) Enter Metadata, (4) Upload Supplementary Files, (5) Confirmation., ceklist semua daftar jika sudah sesuai panduan.
  5. Di kolom " Upload Submission ", unggah file naskah dalam format MSWord di kolom ini.
  6. Di kolom " Enter Metadata ", isi semua data penulis dan afiliasi. Meliputi Judul Jurnal, Abstrak, dan Kata Kunci Pengindeksan.
  7. Di kolom " Upload Supplementary Files ", diizinkan untuk mengunggah file data tambahan atau surat pernyataan atau lainnya.
  8. Di kolom " Confirmation", jika semua data yang Anda masukkan benar, lalu klik "Finish Submission".
  9. Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses pengiriman melalui sistem online, silakan hubungi tim Editorial Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat di jurnalpkmunindra@gmail.com

 

Author(s) Manuscript: Submission to Production

Untuk mempertahankan publikasi berkualitas tinggi, semua kiriman menjalani proses review yang ketat. Naskah yang dinilai berpotensi menarik bagi pembaca dilanjutkan ke proses review, biasanya untuk satu reviewer. Para editor kemudian membuat keputusan berdasarkan saran reviewer, dari beberapa kemungkinan: (1) Menerima, dengan atau tanpa revisi editorial; (2) Informasikan penulis untuk merevisi naskah mereka untuk mengatasi masalah khusus sebelum keputusan akhir ditetapkan; (3) Tolak, tetapi informasikan kepada penulis bahwa jika diperbaiki naskahnya sesuai dengan arahan reviewer dapat melakukan pengiriman ulang, dan; (4) Tolak langsung, biasanya atas dasar minat spesialis, kurangnya kebaruan, kemajuan konseptual yang tidak memadai atau masalah teknis dan / atau interpretasi utama.

Penulis akan menerima informasi untuk mengirimkan salinan akhir naskah mereka setelah diterima dari Editor. Setelah artikel telah diselesaikan untuk produksi cetak, penulis yang sesuai akan menerima email oleh Editor.

Setelah jurnalnya diterbitkan, penulis akan dapat mengunduh cetakan PDF dari artikel melalui situs jurnal. Informasi tentang syarat dan ketentuan mengenai penggunaan artikel akhir PDF untuk penulis terkait dan / atau penulis bersama tersedia di situs.

 

Conflict of Interest Statement

Semua naskah untuk artikel asli, editorial, komentar, dan erratum yang diterbitkan pada Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat disertai dengan pernyataan konflik kepentingan atau pernyataan oleh penulis bahwa mereka tidak memiliki konflik kepentingan untuk dinyatakan.

Termasuk di antaranya:

  1. Semua kepentingan dan hubungan finansial dan non-finansial;
  2. Pekerjaan langsung dengan entitas sektor swasta (baik penuh atau paruh waktu), dan layanan di sektor swasta dan dewan nirlaba dan panel penasihat, baik yang dibayar atau tidak dibayar, dan;
  3. Semua penulis telah berpartisipasi dalam (a) konsepsi dan desain, atau analisis dan interpretasi data; (b) menyusun artikel atau merevisinya secara serius untuk konten penting intelektual; dan (c) persetujuan untuk versi final.
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat hanya akan menerbitkan artikel setelah penulis mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengungkapkan semua potensi konflik kepentingan.

 

Corrections

Dalam kasus kesalahan serius yang mempengaruhi artikel dengan cara materi (tetapi tidak sepenuhnya membatalkan hasil) atau secara signifikan merusak pemahaman pembaca atau evaluasi artikel, Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat akan menerbitkan catatan koreksi yang terkait ke artikel yang diterbitkan. Artikel yang diterbitkan tidak akan berubah.

 

Retractions (Expressions of Concern)

Jika pengelola jurnal menerima keluhan bahwa kontribusi apa pun pada jurnal melanggar hak cipta atau hak kekayaan intelektual lainnya atau mengandung ketidakakuratan materi, materi fitnah, atau materi yang melanggar hukum, pengelola jurnal akan menyelidiki keluhan tersebut. Investigasi dapat mencakup permintaan agar para pihak yang terlibat mendukung klaim mereka.

Sesuai dengan "Retraction Guidlines" oleh Komite Etika Publikasi (COPE), Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat akan menarik kembali artikel yang diterbitkan jika:

  1. ada bukti yang jelas bahwa temuan tidak dapat diandalkan, baik sebagai akibat dari kesalahan (mis. pemalsuan data) atau kesalahan jujur (mis. salah perhitungan)

  2. temuan-temuan sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain tanpa referensi silang, izin, atau justifikasi yang tepat (mis. kasus publikasi yang berlebihan)

  3. itu merupakan plagiarisme

  4. laporan penelitian yang tidak etis, dan

  5. Artikel ditarik kembali dengan menerbitkan pemberitahuan penarikan yang terkait dengan atau mengganti artikel yang ditarik itu.

Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat akan berupaya mengidentifikasi dengan jelas artikel yang ditarik kembali. Jika investigasi sedang berlangsung yang mungkin mengakibatkan pencabutan artikel Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat dapat memilih untuk mengingatkan pembaca dengan memberikan informasi terkait artikel tersebut

 

Article Submission Charges

Kami membuka kesempatan bagi penulis di seluruh mahasiswa di Indonesia untuk mengajukan artikel mereka dalam Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat. Kami menyatakan bahwa TIDAK BIAYA untuk penulis pada saat menyerahkan artikel mereka ke Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat.

 

Article Processing Charges (APCs)

Kami berkomitmen penuh untuk memajukan ilmu pengetahuan di universitas kami dan juga di dunia; dan untuk alasan itu, KAMI TIDAK MEMINTA BIAYA penulis baik dari tahap pengajuan sampai artikel mereka diterbitkan dalam Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat. Kami menantikan penulis (s), dan juga pembaca (s) untuk semua kebaikan dari upaya yang telah kami lakukan.

Menerbitkan artikel dalam Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat benar-benar GRATIS

 

Research Datasets

Kami sangat mendorong para penulis yang menyerahkan naskah mereka ke Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat untuk secara terbuka mengirimkan data penelitian mereka. Beberapa platform sekarang populer digunakan untuk menyimpan dataset penelitian untuk mengurangi pemalsuan / pembuatan data.

 

Against Plagiarism

Plagiarisme mengakui kata-kata atau ide-ide orang lain sebagai milik Anda tanpa sepengetahuan sumbernya. Ketika Anda membuat sebuah artikel penelitian, Anda mungkin akan menemukan bahan pendukung untuk karya Anda dari karya orang lain. Tidak apa-apa mengutip orang dan menggunakan ide-ide mereka, tetapi Anda perlu memberi kredit pada mereka dengan benar. Bahkan ketika Anda merangkum atau memparafrasekan informasi yang ditemukan dalam buku, artikel, atau halaman Web, Anda harus mengakui penulis asli (Sumber: http://library.ucsc.edu/help/research/what-is-plagiarism).

Untuk menjunjung tinggi kejujuran dan integritas akademik dan sebagai cara untuk memberi tahu pembaca bahwa sebagian tulisan kami bebas dari tindakan plagiarisme, maka dalam menerbitkan artikel melalui pemeriksaan anti-plagiarisme. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat menggunakan Plagiarism Checker X untuk memeriksa makalah akademis secara langsung.

Mesin melakukan pengecekan waktu saat itu terhadap indeks web untuk memastikan editor, dan / atau reviewer menerima hasil kesamaan yang paling akurat. Jika ditemukan adanya unsur plagiarisme dalam naskah, maka artikel tersebut akan ditolak.

 

Revenue Sources

Semua biaya yang timbul dari pengelolaan Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat adalah tanggung jawab PGRI Universitas Indraprasta (sebagai penerbit).