PELATIHAN LITERASI SUMBER BELAJAR ONLINE DI SMK PARULIAN 3 MEDAN

Sapitri Januariyansah(1*), Binsar Maruli Tua Pakpahan(2), Robert Manullang(3)

(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Sumber belajar merupakan prangkat pembelajaran penting yang wajib dimiliki oleh siswa. Pada saat pandemi Covid-19, siswa SMK Parulian 3 mengalami kesulitan untuk memperoleh sumber belajar dikarenakan tempat-tempat untuk memperoleh sumber belajar ditutup, seperti perpustakaan sekolah maupun perpustakaan daerah. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan siswa SMK Parulian 3 keterampilan literasi sumber belajar online yang valid dan benar. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pelatihan ini melalui tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa secara umum hasil evaluasi termasuk dalam kategori baik (mean hitung> mean idela (10)). Secara terperinci hasil evaluasi pelatihan hanya berada dalam dua kategori yaitu sangat baik dan baik. Siswa sangat terbantu dengan pelatihan ini dan siswa meminta agar pelatihan-pelatihan seperti ini dapat selalu diselenggarakan. Kegiatan ini juga menghasilakan buku panduan literasi sumber belajar online dalam bentuk cetak dan elektronik sebagai pedoman bagi siswa. Sumber belajar online menjadi solusi alternatif terhadap permasalahan siswa yang sulit dalam memperoleh sumber belajar. Melalui pelatihan literasi sumber belajar online siswa dapat memperoleh sumber belajar yang valid dan benar.

Keywords


Pelatihan; Literasi; Sumber Belajar; SMK; Covid-19

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hafid, Abd. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Sulesana Jurnal Wawasan Keislam, 6 (2), pp. 69-78.

Kern, Richard. (2000). Literacy & Language Teaching. Oxford: Oxford University

Moekijat. (1991). Latihan dan Pengembangan Layanan Pegawai. Bandung: Mandar Maju.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 06 Juni 2016. Jakarta.

Putra, Riza Anugrah. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1 (1), pp. 23-36.

Romdhoni, Ali. (2013). Al-Qur’an dan Literasi. Depok: Literatur Nusantara.

Suhirman. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar dalam Meningkatkan Pemahan Peserta Didik. Journal of Early Chidhood Islamic Education, 2 (1), pp. 159-173.

Sumantri. (2000). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Fakultas Psikologi UNPAD

Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020. Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). 18 Mei 2020. Jakarta.

Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). 24 Maret 2020. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.8346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.