PELATIHAN DAN PERTUNJUKAN MUSIK BAGI ANAK PANTI ASUHAN YAYASAN KASIH MANDIRI BERSINAR
(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Yayasan Kasih Mandiri Bersinar mempunya visi yaitu kepedulian yang mendalam terhadap pergulatan hidup anak-anak dan remaja jalanan yang tersisih dan mengembalikan hak-hak mereka yang hilang. Sejalan dengan visi yayasan maka pengabdian kepada masyarakat dilakukan atas dasar kepedulian terhadap anak-anak yang tinggal di yayasan. Tujuan dari kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan layanan berupa pelatihan keterampilan bermain musik dan bernyanyi. Melalui musik, anak di ajarkan untuk mendapat posisi dan peran yang layak dihargai dan saling menghargai, anak dilatih untuk berkolaborasi dan bekerja sama dalam kelompok, anak di latih untuk memiliki rasa percaya diri dan menghargai orang lain, anak dilatih untuk membuka diri dan mengungkapkan perasaan melalui musik. Tujuan yang terakhir sebagai hasil dari pengabdian ini yaitu anak-anak memiliki bekal keterampilan bermusik dan bernyanyi yang diharapkan berguna bagi masa depan mereka. Metode Pelaksanaan yang dilakukan dalam program pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui program pelatihan bernyanyi dan bermain musik di Yayasan Kasih Mandiri Bersinar yang dilaksanakan selama empat bulan. Tim pengabdian terlibat langsung dalam interaksi dengan anak-anak baik dalam melatih, pemberian arahan, pertunjukan, bimbingan mental.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Baihaqi, MIF. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Februariyanti, Herny, dkk. 2017. Peningkatan Keterampilan Anak Panti Asuhan
Melalui Pelatihan Multimedia Kreatif. Jurnal Rekayasa Vol. 15 No. 2,
Desenber 2017.
Hash, Phillip M. - Musik at the Illinois Asylum for Feeble-Minded Children:
–1920. Journal of Historical Research in Musik Education- vol. 32,
(1), 2010, pp. 37-56.
Hogan, D., Halpenny, A.M., & Greene, S. (2002). Children’s Experience of Parental Separation. Dublin : Trinity College.
Kamil, Mustofa. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta
Megahati R, Maizeli A, Fitriani. (2019). Pemberdayaan Anak-Anak Panti Asuhan
PGAI dan Darul Ma’rif di Kota Padang Menjadi Bioentrepreneur. Jurnal
Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ (2019) 6(2) 50-
doi: 10.32699/pP2M.v6i2.568.
Sandri, Ritna. (2015). Perilaku Bullyingpada Remaja Panti Asuhan Ditinjau dari
Kelekatan dengan Teman Sebaya dan Harga Diri. Jurnal Psikologi
Tabularasavolume 10, NO.1, APRIL 2015: 43 – 57.
Saputra, D. N. (2020). Effort to Improve Elementary Students Interest On
Music Subject With “Learning By Doing” Method Class. ADI Journal on Recent Innovation (AJRI), 2(2), 106-112. https://doi.org/10.34306/ajri.v2i2.74
Sulthoni, Yahya. (2013). Strategi Pembentukan Karakter Anakdi Panti Asuhan
Muhammadiyah Wiyung Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan
Kewarganegaraan Nomor 1 Volume 1 Tahun 2013.
Suyanto, Bagong. (2003). Pelanggaran Hak dan Perlindungan Sosial Bagi Anak Rawan. Surabaya: Airlangga University Press
Suyanto, Bagong. (2010). Masalah Sosial Anak. Jakarta: Prenada Media Group
Supriadi. (2019). Pendampingan Keagamaan Bagi Anak-Anak Keluarga Broken
Home Di Pondok Pesantren Dan Panti Asuhan Sabilul Huda Yogyakarta.
At-Thullab jurnal Mahasiswa Studi Islam (2019) 1(2) 118-133. ISSN: 2685-8924.
Usman, Hardius & Nahrowi, Djalal. (2004). Pekerja Anak di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Yusuf, Syamsu. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosda.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i1.7598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.