Pendampingan Perencanaan Pengembangan Masjid Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila Semarang

Shifa Fauziyah(1*), Bambang Setiabudi(2), Moh Nur Sholeh(3)

(1) Universitas Diponegoro
(2) Universitas Diponegoro
(3) Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Masjid sebagai tempat ibadah menjadi bangunan yang selalu digunakan oleh masyarakat islam untuk beribadah. Seiring dengan pertumbuhan penduduk maka perlu dilakukan perluasan masjid yang lebih baik. Masjid Yayasan Amalbhakti Muslim Pancasila (YAMP) Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah menjadi salah satu masjid yang membutuhkan perluasan bangunan. Masjid ini digunakan untuk ibadah wajib dan sunnah, pendidikan, dan kegiatan masyarakat. Oleh karena itu tujuan dari pengabdian ini adalah melakukan pendampingan perencanaan pengembangan atau perluasan masjid YAMP sesuai dengan kriteria bangunan gedung. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi survei lokasi, pembuatan gambar kerja masjid, penyusunan rencana anggaran biaya, penjelasan hasil gambar dan biaya ke pengelola masjid. Hasil dari pengabdian ini adalah tersusunnya gambar teknis dan rencana anggaran biaya yang dimanfaatkan oleh pengelola masjid untuk menjadi dasar renovasi masjid. Pengelola masjid menjadi terbekali dengan gambar rencana dan rencana biaya saat dilakukan pekerjaan konstruksi.

Keywords


pendampingan; perencanaan; masjid

Full Text:

PDF

References


Sholeh, M. N. (2019). Mekanika Rekayasa Ilmu Dasar Teknik Sipil. Deepublish.

Soegoto, E. S., Natalia, T. W., Sutisnawati, Y., Maryati, M., & Soegoto, D. S. (2020). Pendampingan Kepada Masyarakat Dalam Renovasi Masjid Daarut Taqwa. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(1), 1-9.

Sofwan, R. (2013). Penguatan Manajemen Pemberdayaan Fungsi Masjid Al-Fattah di Kelurahan Krapyak Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 13(2), 315-334.

Syaripudin, A. (2014). Pengantar survey dan pengukuran. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

https://maps.google.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.6616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.