PENGUATAN KOGNISI GURU DALAM PEMANFAATAN PTK BAGI PEMBELAJARAN

Connie Chairunnisa(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang dirasakan oleh SD Muhammadiyah 12 Pamulang walaupun telah berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya para guru. Namun masih dirasakan kurang maksimal. Salah satu kebutuhan untuk meningkatkan kualitas para guru di SD Muhammadiyah 12 Pamulang adalah masih rendahnya kognisi para guru terhada Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena masih ada beberapa guru yang belum dapat mengatasi permasalah di kelas terutama yang berkaitan dengan hasil pencapaian ketuntasan pembelajaran, sehingga dipandang perlu untuk memperkenalkan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah dalam rangka untuk meningkatkan prestasi guru-guru dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi di dalam kelas melalui sebuah penelitian. Disain dari pelatihan ini menggunakan pendekatan kelompok, dengan metode  klasikal serta strategi pembelajaran yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik diharapkan guru-guru dapat berperan aktif dalam diskusi kelompok. Hasil dari  Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, guru dapat membuat proposal PTK sebanyak 51 guru, terbagi atas 11 Kelompok (Kelas1; Kelas 2; Kelas 3; Kelas 4; Kelas 6; Kelas Bhs.Inggris; Kelas Guru TIK; Kelas Al-Islami; Kelas Bhs.Arab; Kelas KMM; Kelas PJOK). Pelaksanaan kegiatan pelatihan PTK ini dapat berlangsung dengan baik dan tertib, dari tanggal 10,11,13 Maret 2020, hal ini disebabkan karena peran serta dan dukungan dari Kepala Sekolah SD Muhammadiyah-12 Pamulang, sebagai mitra dalam kegiatan pelatihan PTK ini.

 

 

Keywords


Strengthening, cognition, teacher, PTK.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Asmani, Jamal Ma’mur.2011, Penelitian Tindakan Kelas,Laksana, Yogyakarta. Anshari, 2010, Transformasi Pendidikan Islam, Jakarta: Gaung Persada Press. Bahri, Syaiful Djamarah, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Domain, C. (1956). Critical and Creative Thinking - Bloom’s Taxonomy. Thinking.

Greitzer, F. L., Kuchar, O. A., & Huston, K. (2007). Cognitive science implications for enhancing training effectiveness in a serious gaming context. ACM Journal on Educational Resources in Computing. https://doi.org/10.1145/1281320.1281322

Hidayatullah, M. Furqan. 2010. Pendidikan Karakter; Membangun Peradaban

Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Hariwijaya, M. 2006. Pedoman Teknis Penulisan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan

Disertasi, Yogyakarta: Citra Pustaka.

Khan, D.Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri; Mendongkrak

Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Kusmayadi, Ismail. 2011. Guru juga bisa menulis,PT.Reka, Ciganjur, Jagakarsa, Jaksel.

Mastuhu M, 2007. Sistem Pendidikan Nasional Visioner, Tangerang: Lantera Hati.

Mulyasa, E.2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung: Rosda.

Mulyadi, Seto.2008. ” Peran Pendidikan dalam membangun Karakter Anak”, dalam tinjauan Berbagai Aspoek Character Building; Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter ? Yogyakarta: Tiara Wacana.

Munthe Bermawi. 2009, Desain Pembelajaran, Pustaka Insan Madani, UIN Sunan

Kalijaga Yogyakarta.

Samani Muchlas & Hariyanto 2011, Konsep dan Model Pendidikan Karakter,PT Remaja Rosdakarya.

Subyantoro. 2009, Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: UNDIP Suyanto, Agus. 1989. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, Hendry Guntur. 2000, Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa.

Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i5.6366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.