PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL KAMPANYE BATIK UNTUK RUMAH BATIK PALBATU, TEBET, JAKARTA SELATAN
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Unindra PGRI
(3) Unindra PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Mengingat betapa pentingnya melestarikan dan mewariskan batik melalui praktik, Rumah Batik Palbatu melakukan upaya-upaya pelestarian dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan membatik, termasuk berbagai kelas batik untuk beragam kalangan masyarakat. Salah satu kelompok masyarakat yang menjadi mitra utama dalam pelatihan membatik oleh Rumah Batik Palbatu adalah kaum disabilitas, khususnya tunarungu (tuli). Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mengampanyekan dan menginformasikan makna batik sebagai warisan budaya nonbendawi dan sekaligus mengampanyekan kegiatan Rumah Batik Palbatu untuk melestarikan budaya tersebut melalui kegiatan-kegiatan belajar membatik. Hasil kegiatan dan bentuk luaran kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa poster elektronik. Bentuk poster elektronik dipilih karena kemudahannya untuk bersirkulasi di jaringan internet melalui sosial media, sehingga dapat menjangkau masyarakat luas tanpa dibatasi batasan spasial.
Kata kunci: Konten media sosial, poster elektronik, Rumah Batik Palbatu, batik
Abstract
Considering how important it is to preserve and inherit batik through practice, Rumah Batik Palbatu carries out conservation efforts by organizing batik training, including various batik classes for various groups of people. One of the community groups that is the main partner in batik training by Palbatu Batik House is the people with disabilities, especially the deaf (deaf). The purpose of this community service activity is to campaign for and inform the meaning of batik as a nonbendawi cultural heritage and at the same time campaign for the Rumah Batik Palbatu activities to preserve that culture through batik learning activities. The results of this activity and the form of outputs of community service activities took the form of electronic posters. The form of electronic posters was chosen because of its ease to circulate on the internet through social media, so that it can reach the wider community without spatial restrictions.
Keywords: Social media content, electronic posters, Rumah Batik Palbatu, batik
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Endik, S. (1986). Seni Membatik. Jakarta: Safir Alam.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia
Edisi Kelima. Jakarta: Kemendikbud.
Miller, Katherine. (2012). Organizational Communication: Approaches And Processes, AISE, Sixth Edition. Wadsworth: Cengage Learning.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Jawa Barat: PT Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurudin. (2012). Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasi.
Yogyakarta: Buku Litera
P.N. Howard & M.R Parks. (2012). Days and Nights on the Internet: The Impact of a Diffusing Technology. American Behavioral Scientist, Vol. 45 No. 3, November 2001, 383-404.
Prasetyo, Anindo (2010). Batik Karya Agung Warisan Budaya Dunia. Yogyakarta: Pura
Pusaka
Riyanto. (1997). Katalog Batik Indonesia. Yogyakarta: Balai Besar Penelitian dan
Pengembangan Industri Kerajinan dan Batik.
Sa’du, Abdul Aziz. (2010). Panduan Mengenal Membuat Batik. Yogyakarta: Harmoni
Sumarwan, Ujang, Achmad Fachrodji, dkk. (2011). Pemasaran Stategik: Prespektif Value-Based Marketing Dan Pengukuran Kinerja. Bogor, Jawa Barat: IPB PRESS.
Suryadi, Didih. (2006). Promosi Efektif: Menggugah Minat dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Tugu Publisher.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i2.6273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.