Implementasi Aplikasi Matematika untuk Meningkatkan Kompetensi Guru-guru SMP Muhammadiyah 2 Tangerang
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Di masa milenial sekarang ini, menggunakan alat teknologi sebagai media pembelajaran sangat sekali diperlukan, apalagi dalam pembelajaran matematika. Semakin banyak teknologi canggih berkembang semakin banyak pula media aplikasi software di semua materi pembelajaran. Dalam hal ini semua para guru memerlukan media ini untuk meningkatkan kompetensi mereka di dunia pendidikan salah satu software yang akan digunakan yaitu geogebra.Geogebra merupakan software yang dikembangkan untuk memudahkan dalam pembelajaran Matematika. Software ini dikembangkan untuk mempelajari matematika dan diajarkan pertama kali di sekolah oleh Markus Hohenwarter dari Universitas Florida Atlantic. Metode yang ditawarkan untuk alih teknologi dalam pengabdian ini antara lain berupa: diskusi, pengenalan dasar-dasar Geogebra, pelatihan penggunaan software Geogebra dan pembuatan produk berupa media pembelajaran berbantuan software Geogebra pada materi bangun ruang,bangun datar dan fungsi kepada guru-guru SMP Muhammadiyah 2 Tangerang. Manfaat yang diperoleh guru-guru SMP Muhammadiyah 2 Tangerang yaitu: a) guru memperoleh metode pembelajaran inovatif yang jarang dilaksanakan dan, b) pemahaman siswa pada materi-materi matematika lebih meningkat. c) Kompetensi para guru di SMP Muhammadiyah 2 Tangerang lebih meningkat khususnya guru matematika.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i2.6184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.