Pelatihan Menganalisis Etika Komunikasi pada Program Televisi untuk pelajar SMAN 38 Jakarta

Yayu Sriwartini(1*), Djudjur Luciana Radjagukguk(2)

(1) Universitas Nasional
(2) Universitas Nasional
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan televisi komersial begitu pesat, sehingga terjadi berkompetisi ketat untuk mendapatkan share penonton dan kue iklan. Faktanya saat ini  terkadang kualitas tayangan bukan lagi menjadi prioritas. Tidak sedikit konten tayangan yang melanggar etika atau perundang-undangan penyiaran. Selama ini masyarakat (khalayak) tidak pernah tahu bahwa beberapa tayangan variety show dan iklan  ternyata bermasalah dan melanggar etika komunikasi.  Dalam upaya mengadvokasi dan memberi penyadaran kepada para pelajar tentang pentingnya mengritisi konten media (khususnya televisi), dengan ini telah dilaksanakan kegiatan pelatihan “ Menganalisis Etika Komunikasi pada Tayangan TV” kepada siswa/i kelas X SMAN 38 Jakarta Selatan. Tujuannya adalah: (1) Memberikan pengetahuan kepada para siswa tentang etika komunikasi di media massa; (2) Mendorong para siswa untuk kritis terhadap konten televisi; (3) Menstimuli para siswa untuk menjadi penggerak literasi media di masyarakat. Bentuk kegiatan berupa pelatihan dengan membagi siswa ke dalam 7 kelompok, lalu berdiskusi dan membedah tayangan “Rumah Uya” dan “Iklan Mie Sedap” dengan menggunakan Standar Program Siar (SPS)  sebagai panduan untuk menganalisis konten. Setelah berdiskusi, setiap kelompok melakukan presentasi dan memberikan argumentasinya kemudian divalidasi oleh pemberi pelatihan.

 



Keywords


Etika Komunikasi, Program Televisi, Standar Program Siaran

Full Text:

PDF

References


Afifi, Subhan. Tayangan Bermasalah dalam Program Acara Televisi di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 8, Nomor 3, September - Desember 2010, halaman 246 – 262

Andriansyah, Unde, Andi Aliudin dan Hasrullah, Pelanggaran Siaran Televisi Lokal dan Pemberian Sanksi Oleh KPID Sulsel di Kota Makassar, Jurnal Jurnalisa Vol 04 Nomor 2/ November 2018

Dennis McQuail, 2005, McQuail’s Mass Communication Theory, Sage Publications, London.

Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi, Manipulasi Media, Kekerasan dan Pornografi. Kanisius. Yogya.

Nasrullah, Rully. 2018. Khalayak Media: Identitas, Ideologi, Dan Perilaku Pada Era Digital. Simbiosa Rekatama Media

Surokim, Pengaturan Tentang Kekerasan Dalam Program Siaran TV, Jurnal Pamator, Volume 5, Nomor 1, April 2012

West, Richard & Turner, Lynn. 2008. PengantarTeoriKomunikasi; AnalisisdanAplikasi(buku 1 dan 2). Jakarta: Salemba Humanika

www.bacaterus.com

www.entertainment.kompas.com

www.entertainment.kompas.com

www.kpi.go.id

Pedoman Pelaksanaan Penyiaran Standar Program Siar (P3SPS)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.5622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.