PELATIHAN JURNALIS WARGA DI RPTRA BAUNG MENGAJAK ANAK BELAJAR MENJADI AGEN INFORMASI

Dewi Lisa Nehemia(1*), Silmi Kaffah Andriani(2), Yayu Sriwartini(3)

(1) Universitas Nasional
(2) Universitas Nasional
(3) Universitas Nasional
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini adalah hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakatyakni Citizen Journalism yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Baung, Jakarta Selatan tentang pengetahuan dasar jurnalistik dan jurnalis warga. Dilatarbelakangi atas kepedulian terhadap generasi muda yang saat ini sedang kecanduan internet, media sosial dan tidak sedikit juga yang terpengaruh oleh berita hoax. Metode pelaksanaan dengan melakukan pelatihan tentang citizen jurnalismbaik secara teori maupun praktis. Harapan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat citizen journalismmemupuk budaya menulis, membentuk generasi muda menjadi generasi yang bijak dalam penggunaan internet dan media sosial, sehingga mereka dapat menjadi agen informasi penyebar berita yang positif dan akurat bukan berita bohong. Sehingga generasi muda bisa menjadi mata dan telinga bagi lingkungan dimana mereka tinggal.


Keywords


jurnalis warga; rptra baung; jurnalis anak; agen informasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Daryanto, Memahami Kerja Internet, Yrama Widya, Bandung, 2007.

Kusumaningati, Imam, 2012. Jadi Jurnalis Gampang, Jakarta: Gramedia

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2019). Survey Internet APJII 2018

Stark,M., Fins, J.J., & Stark, M. (2012). The self, social media, and social construction the self, social media, and social construction. The American Journal of Bioethics, 12(10), 37-39.

Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes (2015), Social Media: Defining, developing, and Divining, atlantic Journal of Communication, Volume 23, 2015

https://m.jpnn.com/news/mahasiswa-prodi-komunikasi-unas-beri-pelatihan-jurnalistik-kepada-anak-anak




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i1.5571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.