Penggunaan Kearifan Budaya Lokal Berbasis Etnomatematika sebagai Pengembangan Media Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar

Ari Irawan(1*), Chatarina Febriyanti(2)

(1) (Scopus ID: 57202376535), Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarat ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik menggunakan alat-alat budaya yang ada disekitar sekolah. Penggunaan alat peraga khusunya untuk pembelajaran matematika masih belum maksimal di gunakan oleh guru-guru di SDN Tugu 8. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah workshop dan pelatihan yang dilakukan rutin untuk guru-guru SDN Tugu 8. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah berupa implementasi penggunaan alat peraga etnomatematika sebagai media pembelajaran matematika yang digunakan oleh guru-guru SDN Tugu 8. Pengabdian masyarakat ini menghasilakan luaran berupa alat peraga matematika yang ada digunakan dalam dalam pembelajaran matematika di kelas

Keywords


Etnomatematika, Media Pembelajaran, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan permainan ular tangga ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII materi gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11–18.

Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Jurnal Infinity, 5(1), 25–31.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 21–31.

Rakhmawati, M. R. (2016). Aktivitas matematika berbasis budaya pada masyarakat lampung. Al Jabar, 7(2), 131–144.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: eksplirasi dalam permaian tradisonal Jawa. Journal of Medives, 2(1), 1–11.

Ulya, Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2010). Desain bahan ajar penjumlahan pecahan berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk siswa kelas IV sekolah dasar negeri 23 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 86–96.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.5534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.