Penguasaan Layanan Konten Entreprenuership melalui Manajemen Diri di SMK Mahadhika 1 Jakarta Timur

Djoni Aminudin(1*), Anggia Evitarini(2), Dewi Purwaningsih(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan pengabdian masyarakat ini yakni memberikan layanan penguasaan konten tentang membangun mindset enterpreunership para siswa agar mampu berfikir mandiri dan kreatif melalui wawasan manajemen diri untuk para peserta diantaranya tujuan dan manfaat manajemen diri, mengenai kepercayaan diri, kreativitas, dan manajemen waktu. Metode pelaksanaan dengan Observasi langsung dan workshop yaitu: pengabdi langsung datang ke lokasi pengabdiaan untuk memperoleh data kemudian memberikan materi entrepreneurship dan manajemen diri. Simpulan pengabdian masyarakat ini didapatkan para siswa SMK Mahadhika 1 ditemukan masih banyak yang berorientasi menjadi pegawai atau karyawan perusahaan, terutama bercita-cita menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil. Hal ini disebabkan kurangnya informasi-informasi yang diberikan oleh personil B&K yang terhambat tidak tersedianya jam khusus di dalam kelas. Hal ini menyebabkan kemampuan manajemen diri dan wawasan tentang entrepreneur para siswa SMK Mahadhika 1 masih sangat rendah.  Personil B&K masih berfokus yang bersifat mengentasan/mengatasi masalah. Pemberian layanan penguasaan konten efektif dalam meningkatkan pengetahuan para peserta terkait entreprenuership melalui manajemen dirinya.


Keywords


layanan penguasaan konten; entreprenuership; manajemen diri

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amir, H. (2016). Korelasi pengaruh faktor efikasi diri dan manajemen diri terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa pendidikan kimia Unversitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10(4).

Kompas.com.(2018).https://nasional.kompas.com/read/2018/04/05/

Oswari, T. (2005). Membangun Jiwa Kewirausahaan (Entrepreneurship) Menjadi Mahasiswa Pengusaha (Entrepreneur Student) Sebagai Modal Untuk Menjadi Pelaku Usaha Baru. In Proceeding, Seminar Nasional PESAT 2005. Universitas Gunadarma.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.5278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.