Kartu Perkalian Senilai sebagai Alternatif Metode Pembelajaran Perkalian pada Siswa SD

Dwi Erna Novianti(1*), Ari Indriani(2), Dian Ratna Puspananda(3)

(1) IKIP PGRI Bojoegoro
(2) IKIP PGRI Bojonegoro
(3) IKIP PGRI Bojonegoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Mutu dan kualitas pendidikan ditentukan oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang penting untuk meningatkan mutu dan kualitas tersebut adalah proses pembelajaran. Proses pembelajaran ini meliputi situasi, lingkungan belajar, pihak yang terlibat dalam pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan. Kartu Perkalian Senilai ini merupakan salah satu media pembelajaran yang didesain sesuai dengan tujuan dalam meningkatkan kemampuan perkalian di antaranya: (a) meningkatkan kemampuan perkalian pada siswa Sekolah Dasar (SD melalui media pembelajaran, (b) memberikan referensi bagi guru maupun sekolah terkait media pembelajaran inovatif untuk diaplikasikan di dalam proses pembelajaran. Permainan Kartu Perkalian Senilai ini digunakan untuk menguatkan konsep perkalian siswa. Siswa dapat menggunakan kartu perkalian senilai ini secara berkelompok dan dalam permainan berkelompok tersebut, siswa menggunakan konsep perkalian yang sudah didapat sebelumnya. Respon siswa terhadap permainan kartu senilai ini diperoleh dengan metode wawancara. Berdasarkan hasil wawancara tentang pelaksanaan kegiatan ini, diperoleh hasil yaitu peningkatan kemampuan siswa dalam perkalian dan motivasi siswa dalam belajar matematika karena pembelajarannya dilakukan dengan permainan. Selain itu, bagi guru (tutor), kegiatan ini dapat menambah pengetahuan tentang metode pembelajaran matematika khususnya materi perkalian, dan dengan menggunakan media tersebut, tutor dan siswa mampu berkreasi untuk mengembangkan maupun menciptakan media inovatif lainnya yang merangsang motivasi belajar anak untuk terus meningkat.


Keywords


Kartu Perkalian Senilai; Permainan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2)., 123–132. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i2.5696

Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205–212. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p205-212

Maspalah. (2013). Maspalah, M. Penggunaan Permainan Memasangkan Kartu Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(1), 51-61. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i1.760

Nurdin, A. (2017). Pendidikan Life Skill Dalam Menumbuhkan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Pendidikan Nonformal Paket C. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(02), 109-118.

Purnama, M. D., Irawan, E. B., & Sadijah, C. (2017). Pengembangan media box mengenal bilangan dan operasinya bagi siswa kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46-51. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/587

Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590

Sulistyowati, E. (2014). Penggunaan Permainan dalam Pembelajaran Perkalian di Kelas II SD/MI. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2)., 143–158. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i2.135

Suriyah, P., Indriani, A., Novianti, D. E., & Rohman, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif House Of Multiplication Bagi Siswa Sdn Sidorejo Sebagai Upaya Hitung Cepat Perkalian. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 6(2), 50–56. http://dx.doi.org/10.29100/j-adimas.v6i2.881

Suryana, N. M., & Indrawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional “Gaprek Kaleng” untuk Menanamkan Konsep Pecahan Siswa Kelas III SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3)., 219–228. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23503

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional. Jakarta : 8 Juli 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.5185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.