PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Connie Chairunnisa(1*), Istaryatiningtias Istaryatiningtias(2), Ihsana El Khuluqo(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian masyarakat ini berjudul pemberdayaan guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas di SMKN 47 tujuannya untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengintegrasikan pengajaran dengan pengembangan guru, pengembangan kurikulum dengan evaluasi, penelitian dengan filosofis refleksi, serta kedalaman konsep yang menyatu dengan praktik pendidikan yang reflektif, melatih guru agar dapat memberikan perlakuan kepada para siswa atau responden yang diteliti treatment yang nyata di sekolah, seperti pemberian hand-outs dalam pembelajaran, metode mengajar yang terencana dan dapat menyiapkan buku acuan belajar untuk siswa ,mewujudkan proses penelitian yang mempunyai manfaat ganda, yaitu bagi peneliti memperoleh informasi yang berkaitan dengan permasalahan hendak dipecahkan, dan pihak subjek yang diteliti (Siswa). Metode pelaksanaan adalah klasikal dengan strategi pembelajaran yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik, relevan dengan pencapaian tujuan yaitu untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam penelitian dan juga disesuaikan dengan kondisi khalayak sasaran metode berperan serta di dalam kelompok, disesuaikan dengan bidang studi para guru .Pelatihan PTK ini juga melatih peserta untuk dapat memahami metodelogi penelitian, sehingga diharapkan dapat membantu para guru dalam penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif. Hasil dari kegiatan ini guru-guru dapat memahami metodologi penelitian tindakan kelas ,Guru dapat memahami metode pengumpulan dan pengolahan ; Guru-guru dapat memahami dan membuat artikel hasil penelitian; Guru-guru dapat mengevaluasi interaksi proses pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).


Keywords


guru; proses kegiatan; PTK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anshari. (2010). Transformasi Pendidikan Islam, Jakarta: Gaung Persada Press.

Asmani, J. M. (2011). Penelitian Tindakan Kelas,Laksana, Yogyakarta.

Bahri, S. D. (2008). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hariwijaya, M. (2006). Pedoman Teknis Penulisan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Yogyakarta: Citra Pustaka.

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter; Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Khan, D. Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri; Mendongkrak Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Kusmayadi, I. (2011). Guru juga bisa menulis, PT. Reka, Ciganjur, Jagakarsa, Jaksel.

Mastuhu, M. (2007). Sistem Pendidikan Nasional Visioner, Tangerang: Lantera Hati.

Mulyadi, S. (2008). Peran Pendidikan dalam membangun Karakter Anak, dalam tinjauan Berbagai Aspoek Character Building; Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter ? Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.

Munthe Be. (2009). Desain Pembelajaran, Pustaka Insan Madani, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya..

Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: UNDIP

Suyanto, A. (1989). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, H. G. (2000), Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.5180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.