Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan

Vivi Iswanti Nursyirwan(1*), Sasmita Sari Ardaninggar(2), Liana Dwi Septiningrum(3), Dewi Rani Gustiasari(4), Julian Muhammad Hasan(5)

(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
(3) Universitas Pamulang
(4) Universitas Pamulang
(5) Universitas Pamulang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman terkait pemasaran baik secara offline (konvensional) maupun secara online. Mitra dalam pengabdian ini ialah para produsen hasil olahan pertanian didaerah Sukma Jaya Depok Jawa Barat yang tergabung dalam komunitas UKM Pertanian (UKM-P). Masalah utama yang dihadapi mitra ialah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produk olahan hasil pertanian baik secara konvensional(offline) maupun secara online. Minimnya pengetahuan berdampak pada rendahnya volume penjualan. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui program pelatihan yang didukung oleh praktisi/akademisi handal dibidang marketing. Target program ini adalah adanya peningkatan keberdayaan mitra baik secara kognitif terkait pemasaran dan juga aspek keterampilan penerapan digital marketing. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan ceramah materi pelatihan pemasaran dan juga praktik kegiatan pemasaran berbasis digital yang langsung di sampaikan oleh Dosen Marketing dan juga Pakar Digitalpreneur. Teknik analisis di lakukan dengan observasi keterampilan peserta pelatihan dan juga menilai hasil pre test dan post test peserta pelatihan. Hasil kegiatan menyatakan bahwa peserta sangat antusias dan memerhatikan segala rangkaian acara, baik saat pelatihan materi dan praktik, selain itu dari hasil post test yang sudah terisi terdapat peningkatan aspek kognisi dan skill dari peserta pelatihan yang merupakan pelaku usaha UKM-P sebesar 27,27%. 


Keywords


marketing; volume penjualan; UKM

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adrianah, A. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan pada PT Ardan Masogi Tbk di Kota Pare-Pare. Economix, 5(1). https://ojs.unm.ac.id/economix/article/view/12950

Damanik, E. (2013). Pengertian Volume Penjualan. PT. Indeks Kelompok Gramedia , Jakarta .

Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882-897.

Kotler, P. &Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi 14, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Rosyid, A. (2010). Pengertian Volume Penjualan. Jurnal Analisis Laporan Keuangan




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.5077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.