Mengembangkan Kemampuan Guru dan Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Kinerja melalui Microsoft Excel

indra kurniawan(1*), Fery Rahmawan Asma(2), Iwan Budiarso(3), Rahman Abdillah(4)

(1) universitas indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan pelaksanaan Pengandian Kepada Masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dan tenaga administrasi Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Ar Rahman dalam penggunaan Microsoft Excel untuk merekap nilai santri dan mencatatat penerimaan SPP (sumbangan pembinaan pendidikan) santri, sehingga ini sebagai solusi kepada para guru dan tenaga admin, agar tidak lagi menggunakan cara manual. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap, yakni tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, tim abdimas melakukan survey untuk mengetahui kondisi dan menganalisis kondisi tempat yang akan digunakan. Selanjutnya, tim menyiapkan bahan materi yang akan diberikan dalam memberikan pelatihan kepada peserta pengabdian masyarakat. Pada tahap pelaksanaan, dimulai dengan pemberian dasar-dasar penggunaan Microsoft Excell. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan presentasi, ceramah dengan tanya jawab, dan praktek. Dalam selang waktu pemberian materi, tim abdimas melakukan tanya jawab kepada peserta abdimas yang diharapkan terjadi interaksi antara pengabdi dengan peserta. Tahapan yang terakhir adalah tahapan evaluasi, tim abdimas memberikan waktu kepada peserta untuk membuat beberapa contoh penginputan nilai santri dan juga pencatatan penerimaan SPP santri.


Keywords


Microsoft excel, Nilai santri, Penerimaan SPP

Full Text:

PDF

References


Boeykens, S., et al.. 2015. Evaluation of an Organic Waste Composting Device to Household Treatment. Journal of Sustainable Development of Energy, Water and Environment Systems. Volume 3, Issue 3, pp 245-255.

Papadopoulus, A. E. et al. 2011. Performance of a new household composter during in- home testing. Waste Management 29 (2010) pp 204-213




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i4.4828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.