Pengenalan Bahasa Inggris dan Life Skills melalui Kegiatan Bercerita di RA Esa Global Insani

Fitria Iswari(1*), Herliyana Rosalinda(2), Widya Nuriyanti(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa Inggris dalam era globalisasi seperti sekarang ini menjadi bahasa yang sudah tidak asing lagi bagi anak - anak masa kini. Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar yang sering digunakan dalam berbagai kegiatan. Begitupula dengan gawai, terkadang alat ini mampu menggantikan kebiasaan yang sering dilakukan orang tua dengan anak, contohnya : dahulu anak menunggu orang tua untuk dibacakan dongeng atau cerita sebelum tidur dengan buku – buku bacaan mereka, sekarang ini mereka bisa mendengarkan dongeng melalui gawai  dalam pelbagai bahasa tanpa harus menunggu orang tua bercerita kepada mereka. Dalam hal ini membuat interaksi orang tua dan anak menurun, hal demikian membuat kemampuan motorik dan kecakapan hidup tidak terlatih sejak dini, dan akhirnya membuat life skills seorang anak tidak berkembang. Tujuan kegiatan memperkenalkan Bahasa Inggris serta life skill kepada anak melalui pelatihan kegiatan bercerita untuk orang tua wali murid. Kegiatan ini dilakukan Pada 7 November 2018 di sebuah TK dan melibatkan guru dan orang tua wali murid dengan cara memberikan sosialisasi kepada guru dan orang tua murid. Hasil dari kegiatan ini orang tua wali murid mampu melakukan kegiatan bercerita untuk anak mereka. 10 dari 30 peserta didik menunjukan kharakter yang lebih baik seperti buang sampah sendiri, mampu makan sendiri, dan berbicara lebih sopan.


Keywords


English; life skills; Storytelling

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anwar. (2012). Pendidikan kecakapan hidup (life skill education). Bandung: Alfabeta.

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk guru SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.

Itadz. (2008). Memilih, menyusun, dan menyajikan cerita untuk anak usia dini. Yogyakarta: Tiara Wicana

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.4713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.