OPTIMALISASI KETERAMPILAN GURU BAHASA INGGRIS DAN BAHASA INDONESIA MERANCANG DAN MENERAPKAN ASESMEN AUTENTIK DI KECAMATAN BATURITI

I Putu Suyoga Dharma(1*), Laras Oktaviani(2)

(1) STKIP Suar Bangli
(2) Universitas Triatma Mulya
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini brtujuan untuk mengoptimalkan kemampuan guru bahasa Inggris dan bahasa Indonesia merancang dan menerapkan asesmen autentik. Sebagai mana yang diamanatkan dalam Kurikulum 2013, penerapan asesmen autentik adalah salah satu perubahan paradigma sistem penilaian pada kurikulum ini. Mitra kegiatan ini adalah SMP Negeri 1 Baturiti. Ada 12 guru yang dilibatkan dalam kegiatan ini dimana ada 4 guru bahasa Inggris dan 8 guru bahasa Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih 8 bulan dengan kegiatan mencakup : pendampingan, workshop dan penerapan. Hasil pengabdian ini adalah berupa asesmen autentik yang digunakan untuk mengases aspek keterampilan siswa.

 


Keywords


optimalisasi, asesmen autentik, merancang, menerapkan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Atmazaki. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), Dan Penilaian Otentik. Proceeding of the International Seminar on Language and Art. Hal 15-22 yang diadakan di Padang, October 5-6, 2013

Dharma, I.P.S. (2014). The Effect of Problem Based Learning and Performance Assessment On Students’ Reading and Writing Competencies. Tesis tak terpublikasikan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

Dharma, I.P.S. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis dalam Bahasa Inggris dan Interaksi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Peta Konsep Berbasis Penilaian Diri (Studi pada Siswa Kelas X MIPA 2 SMAN 1 Baturiti Tahun Ajaran 2016/2017). Disajikan pada Konferensi Nasional Guru dan Inovasi Pendidikan yang diadakan pada tanggal 6-8 Nopember 2017 di Bedugul, Bali

Dharma, I.P.S dan Adiwijaya, P.A. (2018). The Effect of Problem Based Learning and Self-Assessment on Students’ Writing Competency and Self-Regulated Learning. SHS Web of Conferences 42

Frey, Bruce B., Schmitt, Vicki L., dan Allen, Justin P. (2012). Defining Authentic Classroom Assessment. Practical Assessment, Research & Evaluation ISSN 1531-7714 Volume 17, Number 2, January 2012.

Oktaviani, Laras. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Pada Siswa Kelas V SD No 5 Jinengdalem. Disajikan pada Konferensi Nasional Guru dan Inovasi Pendidikan yang diadakan pada tanggal 6-8 Nopember 2017 di Bedugul, Bali

Nitko, A.J. (1996). Educational Assessment of Students. 2nd edition. New Jersey: Merrill

McNamara dan Deane. (2009) Assessing students’ knowledge. Cambriadge: Cambridge University Press

O’Malley, J.M., dan Valdez, L.P. (1996)..Authentic Assessment for English Language Learners. New York: Addition-Wesly Publishing Company.

Palm, Torulf. (2008). Performance Assessment and Authentic Assessment: A Conceptual Analysis of the Literature. Practical Assessment, Research & Evaluation ISSN 1531-7714 Volume 13, Number 4, April 2008.

PERMENDIKBUD Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisem Pendidikan Nasional. 2003. (Online) tersedia dalam www.hukumonline.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i1.4697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.