Penyuluhan Digital Parenting Kepada Para Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Sawangan Depok

Fajar Kurniadi(1*), Nur Amega Setiawati(2), Deden Ibnu Aqil(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Mendidik anak di era digital tidaklah sama seperti mendidik anak di era konvensional. Era digital mempunyai kecenderungan kecepatan informasi yang tinggi dan tanpa batas. Hal ini mengharuskan orangtua dan guru dapat mengikuti perkembangannya dan mengadopsinya menjadi pola mendidik anak. Untuk itu, perlu diadakan sebuah penyuluhan mengenai hal tersebut. Tujuan pelaksanaan penyuluhan ini adalah memberikan pemahaman dan penjelasan kepada para orangtua dan guru terhadap pentingnya mengubah cara pandang mengenai pendidikan di era digital ini. Metode yang digunakan adalah dengan penyuluhan dan pembekalan pengetahuan sekaligus pemberian contoh nyata mengenai digital parenting kepada para orangtua dan guru. Hasil yang diperoleh adalah bertambahnya pemahaman dan perbekalan para orangtua dan guru dalam mendidik anak di era digital ini. Diharapkan, para orangtua dan guru mampu mengikuti perkembangan teknologi sehingga mendidik anak sesuai dengan eranya.


Keywords


digital parenting; guru; orangtua; siswa;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak. (2018). Parenting di Era DIgital . Jakarta .

Izza, J. (2019). Pertumbuhan Pengguna Internet . Jakarta : Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia .

Jurnalis. (2019, Februari 23). Mengenal Generasi X, Milenial hingga Alpha . Diambil kembali dari Okezone.com: https://news.okezone.com/read/2019/02/22/65/2021335/mengenal-generasi-x-milenial-hingga-alpha

Santosa, T. E. (2019). Pola Asuh Efektif untuk Anak di Era Digital. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.4257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.