Rancangan Poster oleh Pengrajin Botol Plastik Bekas di Perumahan Adiwira Persada Kecamatan Cibinong

Hamidah Apriani(1), Iis Purnengsih(2*), Fitria Iswari(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(3) universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Sampah merupakan masalah utama dalam upaya mewujudkan Kampoeng Ramah Lingkungan di Perumahan Adiwira. Berdasarkan hal tersebut, tim PKM berinisiatif untuk membuat solusi dari permasalahan tersebut yaitu membuat media yang dapat mendukung keberhasilan KRL. Tujuannya diadakan kegiatan ini adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Kampung Ramah Lingkungan atau biasa di singkat KRL adalah suatu lokasi yang masyarakatnya melakukan upaya atau tindakan nyata dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara terukur dan berkesinambungan. Kampung Ramah Lingkungan memiliki tujuan untuk mendorong pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat setempat untuk memahami permasalahan lingkungan dan dampaknya, serta melakukan tindakan nyata secara proaktif yang berkontribusi kepada upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan menganalisis model rancangan poster, melakukan survei ke lokasi mitra, wawancara, dan pelatihan membuat rancangan poster. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan media informasi berupa poster sebagai media yang efektif untuk penunjang dalam mewujudkan kampung ramah lingkungan di Perum Adiwira Persada.


Keywords


kampung ramah lingkungan; poster

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Darmaprawira, Sulasmi. (2002). Warna Teori dan Kreativitas Penggunaannya Edisi ke-2. Bandung : ITB

Gie, The Liang. (1976), Garis Besar Estetik (Filsafat Keindahan) Fakultas. Filsafat Universitas Gajah Mada, Cetakan ke-2, 1976.

http://blh.bogorkab.go.id/index.php/multisite/page/1436

Rustan, S. (2010). Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sujiono, N. (2010). Bermain Kreatif. Jakarta: PT. Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.4197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.