Penerapan Metode Edutainment dan Story Telling pada Guru-Guru Taman Pendidikan Quran (TPQ) Natiqul Quran

Adi Permana(1*), Hilda Hilaliyah(2), Siti Jubei(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode Edutainment merupakan sebuah metode atau model pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan yang dipadukan atau dikombinasikan dengan hiburan sehingga anak/peserta didik tidak merasa jenuh maupun bosan dalam mempelajari apa yang diajarkan oleh guru/pengajar. Bercerita (storytelling) adalah cara bertutur dan menyampaikan cerita atau memberikan penjelasan secara lisan. Bercerita juga merupakan cara untuk menyampaikan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Seorang guru hendaklah mampu menjadi seorang pendongeng yang baik yang akan menjadikan cerita sebagai kegiatan bermain yang menarik dan dapat menjadikan pengalaman yang unik bagi anak. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan, tampak antusias para peserta, yaitu guru-guru TPQ, terhadap tahapan yang dilalui. Pada saat penyampaian materi, para peserta aktif bertanya terkait dengan materi yang disampaikan. Selain itu, para guru TPQ mulai menerapkan metode edutainment dan storytelling dalam menyampaikan materi. Hal ini menjadi indikator yang positif bahwasanya kegiatan seperti ini sangatlah dibutuhkan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berbicara para guru pada saat proses belajar-mengajar di kelas.

Keywords


edutainment; storytelling; guru-guru TPQ

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Armani, Marli, S., Kartono. (2014) Metode Edutainment untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 03 No. 07 (2014). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6265/pdf

Fadlillah, M., dkk. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadimedia Group.

Khusnasani, I., Winarni, R., Riyadi. (2017). Penerapan Metode Edutainment Berbasis Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (2017) Vol. 05 No.04 2017 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10411

Sianturi, R. A. (2014) Penerapan Metode Edutainment dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. No. 2, Desember 2014. http://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/issue/view/65




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i03.3724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.