Pengolahan Air Sumur dengan Filter Sistem Backwash di Kelurahan Mariana Kecamatan Banyuasin I

Muhrinsyah Fatimura(1*), Muhammad Bakrie(2), Agus Wahyudi(3), Aan Safentry(4)

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(4) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author

Abstract


Air merupakan sumber kehidupan terdiri dari senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan  makhluk  hidup  di bumi ini. Pemanfaatan air sebagai kebutuhan pokok  bagi manusia  dengan  segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk: keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan segala kegiatan yang menggunakan air  lainnya. Adanya keluhan dari  warga Perum Griya Mariana Rt.07 Rw.02 Kelurahan Mariana Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin akan mutu air yang digunakan sehari-hari yang berasal dari sumur warga, dimana air digunakan untuk mandi terasa lengket dan kalau ditampung di bak penampungan air berubah warna menjadi kemerahan kadang kehitaman  serta terasa asam . Hasil analisis awal  yang  dilakukan  dilaboratorium  sebelum  menggunakan peralatan yang dibuat yaitu: pH 3, Fe 5,98mg/l , kekeruhan  20 Ntu, berbau  kondisi  ini tidak memenuhi  standar air  baku mutu kadar  maksimun.  Berdasarkan  Peraturan  Menteri  Kesehatan  Republik  Indonesia Nomor.32 Tahun 2017. Perancangan peralatan  filtrasi dengan sistem backwash diharapkan dapat mengatasi masalah yang  ada. Masyarakat sangat antusias  saat  pelaksanaan pengabdian masyarakat ini  terbukti banyaknya pertanyaan yang diberikan warga pada pemateri dan pada saat pengoperasian peralatan back wash . Hasil pengoperasian filter back wash didapat  setelah di analis pH  6,5 ,  Fe  0,6 mg/l, kekeruhan 3 Ntu, dan tidak bebau. Peralatan ini dapat meningkatkan mutu air baku yaitu air sumur masyarakat.


Keywords


air; filter; back wash

Full Text:

PDF

References


Choiriyah, U. (2001). Pengaruh Penambahan Kapur Batu Gamping (CaCO3) Pada Proses Koagulasi Dengan Menggunakan Alumunium Sulfat [Al2(SO4)3] Dalam Menurunkan Kekeruhan Pada Ai Sungai Sayung Kabupaten Demak

Febiary, I., Widiyanto, A. F., & Yuniarno, S. (2016). Efektivitas Aerasi, Sedimentasi, Dan Filtrasi Untuk Menurunkan Kekeruhan Dan Kadar Besi (Fe) Dalam Air. Kesmas Indonesia, 8(01), 32-39.

Jenti, U. B., & Nurhayati, I. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Filtrasi terhadap Kualitas Air Sumur Gali Di Kelurahan Tambak Rejo Waru Kabupaten Sidoarjo. WAKTU, 12(2), 34-38.

Oesman, N. M., & Sugito, S. (2017). Penurunan Logam Besi Dan Mangan Menggunakan Filtrasi Media Zeolit Dan Manganese Greensand. WAKTU, 15(2), 57-69.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Standar Air Baku Mutu Kadar Maksimun Nomor 32 Tahun 2017.

Rasman, Muh Saleh.(2016). Penurunan Kadar Besi (Fe) dengan Sistem Aerasi dan Filtrasi Pada Air Sumur Gali (Eksperimen). Jurnal Higine Volume 2 No. 3. September-Desember 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.