Penyuluhan Tentang Kewirausahaan melalui Media Sosial Kepada Ibu-Ibu PKK di Wilayah Kelurahan Abadijaya, Sukamaja, Depok

Nilma Nilma(1*), Rahnita Nuzulah(2), Putri Dina Mardika(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, disingkat PKK, adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. 10 Program Pokok PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, salah satu diantaranya yaitu pendidikan dan keterampilan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan penyuluhan untuk kebutuhan dasar yang menjadi program pokok ibu - ibu PKK. Berkaitan dengan pendidikan dan keterampilan, yang akan dilakukan dalam kegiatan ini tentang berwirausaha melalui media sosial sebagai wadah atau tempat menjual, memasarkan, dan mempromosikan. Media sosial yang dikatakan, seperti Facebook dan Instagram. Peluang usaha online, dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat berjualan, memberikan keuntungan bagi ibu - ibu PKK, yang memiliki modal yang relatif rendah, waktu yang sedikit, dan dapat dilakukan dirumah. Hasil kegiatan abdimas dengan memberikan penyuluhan, terlebih dahulu mengenalkan kepada ibu - ibu PKK tentang Facebook dan Instagram yang nantinya akan digunakan sebagai media ibu - ibu PKK untuk berwirausaha secara online, kemudian memberikan kesempatan bagi ibu - ibu PKK untuk dapat membuat akun media sosial baik Facebook dan Instagram, bagi yang belum memiliki, dan juga memberikan cara bagaimana mengelola media sosial untuk dapat berjualan dengan dibekali etika berjualan di media sosial agar dapat menarik pelanggan, serta kepercayaan pelanggan. Ibu - ibu PKK selaku mitra dalam kegiatan abdimas, sangat tertarik untuk mempelajari materi yang diberikan mengenai wirausaha melalui media sosial

Keywords


penyuluhan; PKK; media sosial; facebook; instagram;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


https://seon.co.id/pengertian-media-sosial-facebook-twitter-google-youtube-instagram

Nordiana, E. (2013). Peran jejaring sosial sebagai media peningkat minat berwirausaha mahasiswa untuk berbisnis online (studi pada mahasiswa jurusan ilmu ekonomi Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2).

Lesmana, G. N. A. (2012). Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL AXIATA), Tesis. Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia

Thobias, E. (2013). Pengaruh modal sosial terhadap perilaku kewirausahaan (suatu studi pada pelaku usaha mikro kecil menengah di Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.3241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.