Pengembangan Perpustakaan Anak dan Penyelenggaraan Kegiatan Edukasi untuk Meningkatkan Budaya Literasi Sains

Siti Ayu Kumala(1*), Didik Nur Huda(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Membaca merupakan hal yang sering ditekankan orang tua dan guru kepada anak-anak sejak usia dini. Namun di tengah gencarnya budaya elektronik, anak-anak di era sekarang ini mempunyai pilihan objek lain yang masing-masing menawarkan daya tariknya, seperti televisi dan alat permainan elektronik. Seperti klasiknya kemajuan teknologi lainnya yang ada, selalu mempunyai negative side effect yang sering dituduh sebagai satu-satunya tersangka utama oleh para guru dan orang tua menjadi penyebab memudarnya minat baca dan belajar anak-anak. Ketersediaan bacaan yang menarik siswa masih langka dan keterbacaan bahan bacaan juga tergolong masih rendah. Sebuah daerah di pinggiran Jakarta tepatnya di RT.11 Rw. 10 Kelurahan Kampung Sumur Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur, mayoritas warganya adalah masyarakat marginal. Sebagian besar bekerja sebagai pemulung, pedagang asongan, dan pedagang makanan gerobak. Untuk itu harus ada solusi yang dapat meningkat kanminat baca/literasi anak terutama terhadap ilmu pengetahuan. Sains merupakan mata pelajaran yang tidak menarik bagi sebagian anak, terutama di daerah perkotaan karena mereka hanya mendengar sains dari buku pelajaran yang tidak menarik. Oleh karena itu budaya literasi sains harus dikembangkan dengan kemasan yang menarik.


Keywords


perpustakaan; pendidikan; literasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azwardi (2016).Pemuda, Bahasa, dan Literasi. Harian Serambi Indonesia; Banda Aceh.

Ismail, Taufik. 2003. Agar Anak Bangsa Tak Rabuh Membaca, Tak Pincang Mengarang.Yogyakarta: Paperina.

Minat Baca Masyarakat Masih Rendah. www.wartakota.tribunnews.com. (Diakses 1 November 2017)

Mahaswari, Mirah, Pengembangan Program dan Media Pembelajaran untuk Literasi Media Anak-anak, tersimpan dalam https://www.academia.edu/7906098/Pengembangan_Program_dan_Med ia_Pembelajaran_untuk_Literasi_Media_Anak-anak

Yansen, Eddy, Game Media Literacy, tersimpan dalam https://www.academia.edu/12694483/Game_Media_Literacy (Diakses 1 Juni 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i03.3153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.