Implementasi Bahasa Positif dan Screen Time Management dalam Membangun Karakter Terbaik Anak

Amrina Rosyada(1*), Agustina Ramadhianti(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kelanjutan dari kegiatan yang pernah dilakukan sebelumnya tentang penggunaan Bahasa positif. Pengabdian kali ini dilaksanakan dengan lebih komprehensif yaitu dengan mempertimbangkan satu fenomena yang sedang marak dihadapi oleh para ibu yang memiki anak-anak generasi millennial, yaitu penggunaan gawai digital secara bijaksana. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada ruang lingkup informal yaitu kalangan para ibu di Yayasan Baitul Hasan Jagakarsa yang berjumlah sekitar 47 orang peserta. Tujuan dari diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai berikut: 1) mengetahui dan mengevaluasi implementasi Bahasa positif peserta; 2) mengetahui dan mengevaluasi penggunaan gawai digital di kalangan peserta; dan 3) menyusun acuan Bahasa positif dan penggunaan gawai digital dan bijaksana bagi para peserta. Dengan menggunakan instrumen kuesioner dan metode diskusi, kegiatan ini memperlihatkan bahwa sebagian besar dari para peserta telah mengimplementasikan penggunaan Bahasa positif dan mengatur penggunaan gawai cerdas oleh anak-anak dengan bijaksana. Namun demikian, masih terdapat peserta yang belum mengetahui cara mengimplementasikan Bahasa positif dan mengatur jadwal penggunaan gawai digital secara bijaksana. Oleh karena itu, dengan kegiatan ini, peserta mampu mengimplementasikan Bahasa positif dan mengatur jadwal penggunaan gawai digital bagi anak mereka dengan tepat. Dengan demikian, peran ibu dalam membangun karakter terbaik anak menjadi semakin berkualitas dan tidak tergantikan.

Keywords


bahasa positif; karakter terbaik anak; pengaturan penggunaan gawai digital

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ball, J. (2011). Enhancing Learning of Children from Diverse Language Backgrounds: Mother Tongue-Based Bilingual or Multilingual Education in the Early Years. Paris, France: UNESCO.

Brogle, B. et al (2013). How to Use Positive Language to Improve Your Child’s Behavior. Technical Assistance Center on Social Emotional Intervention. http://www.challenging behavior.org/

Claire, K. (2009). Language and Culture. Oxford, New York: Oxford University Press.

Denton, P. (2013). The Power of Our Words: Teacher Language that Helps Children Learn (Responsive Classroom). 2nd Edition. Center for Responsive Schools, Inc.

Law, J. et al (2010). Investigating the Role of Language in Children’s Early Educational Outcomes. Research Report on Department for Education, UK.

Lexmond, J. and Reeves, R. (2009). Building Character: Parents are the Principal Architects of a Fairer Society. First Published. London, UK: DEMOS.

Rosyada, A. and Retnomurti, A.B. (2017). The use of positive language on children education to build children’s positive behavior. Scope, Journal of English Language Teaching, 1(1), 1-8.

Rosyada, A., Widyastuti, A., & Ramadhianti, A. (2018). Implementation of positive language to promote effective language teaching classrooms for state junior high school. Lingua Cultura, 12(3), 241-246. https://doi.org/10.21512/lc.v12i3.4081




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.