Mengatasi Stres pada Guru SMAN 6 Bogor dengan Latihan “Mindfulfess”

Siti Aminah Alfalathi(1*), Sabrina Dachmiati(2), Zara Mayra(3), Tiran Nursamsiah Tri Aprilia(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Stres dapat melanda siapa saja dengan penyebab yang beragam, salah satu profesi yang dapat mengalami stres adalah guru.Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk membantu partisipan dalam menangani stres melalui praktek mindfulness. Partisipan dalam kegiatan ini adalah 36 guru di SMAN 6 kota Bogor yang berusia 24-59. Metode pelaksanaan dilakukan dengan ceramah dan diskusi. Pengukuran keadaan awal partisipan sebelum mengikuti seminar dilakukan dengan memberikan angket DASS-21 (Depression, Anxiety, Stress Scale-21), lalu alat ukur yang digunakan untuk mengukur mindfulness setelah pemberian seminar adalah The Mindful Attention Awareness Scale (MAAS). Hasil dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini yaitu meningkatnya pengetahuan terkait salah satu topik kesehatan mental yaitu mindfulness dan kegiatan seminar mengenai mindfulness sebagai salah satu cara penangan stres berkontribusi dalam membantu partisipan mengatasi keadaan stres yang dialami.

 


Keywords


Mindfulness, Guru, Stres

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfalathi, S. A., Safitri, A., & Sopiah, S. (2023). Mengelola Stres Menggunakan Teknik Mindfulness: Survei Pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Pabuaran, Bogor. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 77-83.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40 – 47.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan, 5(3), 143-148.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan, 5(3), 143-148.

Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The benefits of being present: mindfulness and its role in psychological well-being. Journal of personality and social psychology, 84(4), 822.

Dewi, K. S. (2012). Buku ajar kesehatan mental.

Fakhriyani, D.V. (2019). Kesehatan Mental, Early Childhood Education Journal. Available at: http://digilib.uinsby.ac.id/918/10/.

Hidayati, L. N., & Harsono, M. (2021). Tinjauan literatur mengenai stres dalam organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 18(1), 20 – 30.

Kemenkes. 2023. Definisi Gangguan Jiwa dan Jenis-jenisnya. 28 Februari 2023. Diakses dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2224/definisi-gangguan-jiwa-dan-jenis-jenisnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2022. Pathfinder: Kesehatan Mental. Dikutip dari https://perpustakaan.kemkes.go.id/wp-content/uploads/2022/04/Pathfinder-KEMENKES-RI-Kesehatan-Mental-1.pdf.

Lovibond, S. H., & Lovibond, P. F. (1995a). Manual for the Depression Anxiety Stress Scale (2ndEdition). Psychology Foundation.

Maharani, E. A. (2016). Pengaruh pelatihan berbasis mindfulness terhadap tingkat stres pada guru PAUD. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 100-110.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8-12.

Savitri, W. C., & Listiyandini, R. A. (2017). Mindfulness dan kesejahteraan psikologis pada remaja. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 43-59.

Yani, D. E., & Si, M. (2017). Pengertian, Tujuan dan Manfaat Seminar. Modul, 1, 1-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i1.27512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.