Pengenalan Teknologi AI Berkelanjutan melalui Pelatihan Partisipatif dan Pendekatan Interdisipliner untuk Mendorong Inovasi Pendidikan di Kalangan Pelajar

Siti Sarah Harahap(1*), Windi Saputri Simamora(2), Ryan Rinaldi Hadistio(3), Manutur Pandapotan Siregar(4)

(1) 
(2) Universitas Satya Terra Bhinneka
(3) Universitas Satya Terra Bhinneka
(4) Universitas Satya Terra Bhinneka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam pendidikan menjadi kunci dalam mendorong inovasi pendidikan yang lebih baik dan efisien. Dalam konteks Indonesia yang kaya akan keberagaman budaya, suku, agama, dan bahasa, AI dapat menjadi alat bantu pembelajaran yang efektif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dari penggunaan AI dalam pembelajaran mengenai keberagaman agama dan kepercayaan di Indonesia, dengan fokus pada pengembangan "Chatbot Bineka". Data diperoleh melalui kuesioner selama kegiatan pembelajaran di dua sekolah swasta di Medan, Sumatera Utara, dengan melibatkan siswa/i tingkat SMA dan SMK X-XII. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam bentuk Chatbot Bineka memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar siswa/i mengenai keragaman agama dan kepercayaan. Studi ini menggarisbawahi pentingnya integrasi teknologi AI dalam pendidikan sebagai pendekatan inovatif untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik terhadap keragaman di masyarakat Indonesia yang multi-agama. Untuk mencapai hasil yang optimal, disarankan agar penggunaan Chatbot Bineka ini diperkaya dengan diskusi kritis dan kegiatan lebih lanjut di kelas maupun sekolah. Dengan demikian, pengembangan AI dalam pendidikan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam membantu guru agar pengalaman belajar siswa lebih menarik dan memperluas pemahaman mereka terhadap keragaman budaya di Indonesia.


Keywords


AI (Artificial Intellegence); Etika Teknologi; Cyberbullying.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Khaira, U., Johanda, R., Utomo, P. E. P., & Suratno, T. (2020). Sentiment Analysis Of Cyberbullying On Twitter Using SentiStrength. Indonesian Journal of Artificial Intelligence and Data Mining, 3(1), 21. https://doi.org/10.24014/ijaidm.v3i1.9145

Milosevic, T., Van Royen, K., & Davis, B. (2022). Artificial Intelligence to Address Cyberbullying, Harassment and Abuse: New Directions in the Midst of Complexity. International Journal of Bullying Prevention, 4(1), 15. https://doi.org/10.1007/s42380-022-00117-x

Panjaitan, H. Y., Masnita, Y., & Kurniawati, K. (2023). Penambahan Variabel Tingkat Kecerdasan dari Chatbot untuk Mempengaruhi Kepercayaan Pengguna dalam Aplikasi Telekonsultasi Kesehatan. J. Sistem Info. Bisnis, 13(1), 7887. https://doi.org/10.21456/vol13iss1pp78-87

Sarwani, A., Sianturi, R., Ayu Kustianti, A., Putri Siswadi, A., Nurmalita, D., & Puspitasari, E. (2022). Teknologi Informasi Efektif Mendeteksi Cyberbullying. Journal of Health Educational Science And Technology, 5(2), 151164. https://doi.org/10.25139/htc.v5i2.4673

Sobron, M., & Lubis. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 17. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134

Straub, J. (2021). Assessment of Gradient Descent Trained Rule-Fact Network Expert System Multi-Path Training Technique Performance. Computers, 10(8), 103. https://doi.org/10.3390/computers10080103

Yuningsih, R. (2014). UNDANG-UNDANG TENAGA KESEHATAN Health Policy TriangleAnalysis in The Forming of Health Workforce Act Rahmi Yuningsih. 5, 93106.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.26709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.