Pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) dalam Pengenalan Kebinekaan Indonesia di Sekolah

Siti Sarah Harahap(1*), Rin Rin Meilani Salim(2), Tracey Yani Harjatanaya(3)

(1) 
(2) Universitas Satya Terra Bhinneka
(3) Universitas Satya Terra Bhinneka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam pendidikan menjadi kunci dalam mendorong inovasi pendidikan yang lebih baik dan efisien. Dalam konteks Indonesia yang kaya akan keberagaman budaya, suku, agama, dan bahasa, AI dapat menjadi alat bantu pembelajaran yang efektif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dari penggunaan AI dalam pembelajaran mengenai keberagaman agama dan kepercayaan di Indonesia, dengan fokus pada pengembangan "Chatbot Bineka". Data diperoleh melalui kuesioner selama kegiatan pembelajaran di dua sekolah swasta di Medan, Sumatera Utara, dengan melibatkan siswa/i tingkat SMA dan SMK X-XII. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam bentuk Chatbot Bineka memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar siswa/i mengenai keragaman agama dan kepercayaan. Studi ini menggarisbawahi pentingnya integrasi teknologi AI dalam pendidikan sebagai pendekatan inovatif untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik terhadap keragaman di masyarakat Indonesia yang multi-agama. Untuk mencapai hasil yang optimal, disarankan agar penggunaan Chatbot Bineka ini diperkaya dengan diskusi kritis dan kegiatan lebih lanjut di kelas maupun sekolah. Dengan demikian, pengembangan AI dalam pendidikan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam membantu guru agar pengalaman belajar siswa lebih menarik dan memperluas pemahaman mereka terhadap keragaman budaya di Indonesia.


Keywords


AI (Artificial Intellegence); Chatbot; Bhinneka; keberagaman.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anwarulloh, T. P. (2019). Pembangunan Aplikasi Chatbot Einstein Sebagai Guru Virtual Pembelajaran Fisika Di Ru_mah Menggunakan Api Google Dialogflow Berbasis Android. Elibrary.Unikom.Ac.Id.

Duraesa, H. M. A. (2019). Diskursus Pluralisme Agama Di Indonesia. In Ar-Ruzz Media (Vol. 1).

Fauzan, I. (2020). Artificial Intelligence (Ai) on the Surveillance and Civil Service Control-an Exploration of Concepts After the End of Pandemic. Civil Service, 14(1), 3142.

Harahap, D. W., & Fitria, L. (2020). Aplikasi Chatbot Berbasis Web Menggunakan Metode Dialogflow. J-ICOM - Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer, 1(1), 613. https://doi.org/10.33059/j-icom.v1i1.2796

Hormansyah, D. S., & Utama, Y. P. (2018). Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada Sistem Informasi Layanan Publik Kesehatan Di Malang Dengan Menggunakan Metode Tf-Idf. Jurnal Informatika Polinema, 4(3), 224. https://doi.org/10.33795/jip.v4i3.211

Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat, R. (2023). Penggunaan Chatgpt Dalam Tinjauan Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 5866. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090

Nugraha, Y., Masnita, Y., & Kurniawati, K. (2022). Peran Responsiveness Chatbot Artificial Intelligence Dalam Membentuk Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 20(3), 143158. https://doi.org/10.29259/jmbs.v20i3.18528

Santoso, P.D.L, Risk, I., Kholik, N., Akbar, M.R., Saifudin, A. & Yulianti. (2021). Penerapan Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot sebagai Media Informasi dan Pembelajaran mengenai Kebudayaan Bangsa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang , 6(3), 579589.

Panjaitan, H. Y., Masnita, Y., & Kurniawati, K. (2023). Penambahan Variabel Tingkat Kecerdasan dari Chatbot untuk Mempengaruhi Kepercayaan Pengguna dalam Aplikasi Telekonsultasi Kesehatan. J. Sistem Info. Bisnis, 13(1), 7887. https://doi.org/10.21456/vol13iss1pp78-87

Rosyad, R., Rahman, M. T., Setia, P., Haq, M. Z., & Viktorahadi, R. F. B. (2022). Toleransi dan

Perdamaian di Masyarakat Multikultural.

Riyanto, S., & Zanibar, Z. (2023). Bhinneka Tunggal Ika : Nilai Dan Formulasinya Dalam Peraturan. Jurnal Legislasi Indonesia, 20(2), 113.

Sobron, M., & Lubis. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 17. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134

Sugiono, S. (2021). Pemanfaatan Chatbot Pada Masa Pandemi Covid-19 : Kajian Fenomena Society 5 . 0 Chatbot Utilization During the Covid-19 Pandemic : Revisiting the Concept of Society 5 . 0. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 22(2), 133148.

Triguna, I. B. . Y. (2019). Kebhinekaan Bangsa Indonesia: Urgensi Dan Relevansinya Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 10(2), 4652. https://doi.org/10.32795/ds.v19i2.426

Wahyudi, T. (2023). Studi Kasus Pengembangan dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 2832. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse

Wijaya, T. (2019). Membangun Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 110121.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.26411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.