Pelatihan Penggunaan Kosakata (Vocabulary) Bahasa Inggris dalam Aplikasi Media Sosial Tiktok di UMKM Rawa Panjang, Bojonggede
(1) Universitas Bina Sarana Informatika
(2) Universitas Bina Sarana Informatika
(3) Universitas Bina Sarana Informatika Jl. Kramat Raya No. 98, Senen Kramat Jakarta Pusat
(4) Universitas Bina Sarana Informatika
(*) Corresponding Author
Abstract
Pemanfaatan Tiktok sebagai salah satu media untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan sudah banyak digunakan pada UMKM. UMKM sendiri adalah tempat menjual industri rumah tangga. Banyak hal yang bisa dijual di UMKM. Tiktok tidak hanya dapat membantu pembuatnya untuk membuat website terlihat lebih baik tetapi juga penjualnya untuk meningkatkan pendapatan. Tiktok kini digunakan dalam Pemasaran Digital sebagai “Pemasar” di UMKM. Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa untuk membantu penjual atau UMKM. Banyak sekali kata-kata yang bisa dijadikan bahasa untuk meningkatkan nilai UMKM khususnya di UMKM Rawa Panjang Bojong Gede itu sendiri. Pengabdian ini fokus pada penggunaan bahasa Inggris tidak hanya sebagai media pendidikan dan media penjualan untuk mengesankan audiens website atau untuk meningkatkan pendapatan. Pengurus dan anggota UMKM yang berlokasi di Rawa Panjang Bojonggede menjadi peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut. Hasilnya banyak pengurus dan anggota yang tertarik untuk mempelajari dan mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan di Tiktok untuk menambah penghasilan. Ini dapat membantu tidak hanya administrator untuk membantu mereka dalam membuat situs web yang bagus tetapi juga anggota untuk menjual produk mereka. Website dapat memberikan kesan kepada pengunjung atau audiensnya untuk menjual produknya atau untuk meningkatkan pendapatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arum, M. P., & Hidayat, C. M. (2023). PELATIHAN DAN SOSIALISASI TIKTOK SHOP SEBAGAI STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK OPTIMALISASI UMKM. Indonesian Journal of Community Serice and Innovation (IJCOSIN), 3(2), 33–41. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v3i2.1099
Asshidqi, A. A., & Yuliana, N. (2023). Pengaruh Tiktok Shop terhadap UMKM lokal. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 149–156. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.10280058
Dharma, B. (2023). Analisis Penjualan Online Melalui Media Sosial Tiktok. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi (JUPEA), 3(3), 269–278.
Halim, B. N., Sa, A., Fauzi, N. I., & Fauzi, U. S. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Media. Community Deelopment Journal, 3(2), 609–615.
Mamluatul Hikmah, H. (2022). Aplikasi TikTok Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Berbicara Untuk Siswa SMA. Literasi, 6(2), 369–377.
Nangoy, E. S. C., Tampi, J. R. E., & Tumbel, T. M. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Digital Marketing Promotion pada Curabeauty Manado. Productivity, 5(2), 859–863. https://doi.org/10.35797/ejp.v5i1.54704
Nurhasanah, A., Claudia, S., Day, P., No, J. K., Umbulharjo, K., Yogyakarta, K., & Yogyakarta, D. I. (2023). Media Sosial Tiktok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Tiktok Social Media as a Live Digital Sales Media Among Ahmad Dahlan University Students. Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora, 7(September 2023), 69–77. https://doi.org/10.30595/jssh.v7i2.16304
Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467
Priyono., Muhammad Bintang, D. P. S. (2023). Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(September), 497–506.
Purnamaningsih, I. R. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI COVID-19, 6, 861–868.
Setyadi, H. A., Nurohim, G. S., Nugroho, W., & Sutanto, S. (2023). Tiktok Shop Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Witpari Karanganyar. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v3i1.1726
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i1.26005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.