Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Guru-Guru Sekolah Yayasan Kholifah Masa Depan Depok
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini diantaranya adalah sebagai berikut: 1) Memotivasi guru untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan PTK, 2) Memberikan keterampilan langsung untuk melakukan dan melakukan PTK yang praktis, 3) Memberikan pemahaman pada guru akan kebermanfaatan PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, 4) Melatih para guru agar dapat membuat sendiri proposal PTK, 5) Mengenal Potensi Siswa yang dapat dikembangkan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajarannya masing-masing. Pendekatan pelatihan ini secara individual dan klasikal. Metode yang digunakan adalah ceramah, latihan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan abdimas ini, yakni antusias dan motivasi para peserta yang tinggi untuk membuat proposal penelitian tindakan kelas.
Kata kunci: proposal, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), guru
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasnun, A. (2007). Pedoman dan Petunjuk Praktis Karya Tulis. Yogyakarta: Absolut.
Legiman. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Widyaiswara LPMP.
Nurizzati. (2014). Ketertolakan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Edueksos Vol III No 1, Januari-Juni, 137.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.2578
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.