Penulisan Surat Resmi di Ikatan Remaja Masjid Kelurahan Jatiluhur dan Jatimekar Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi

Ahmad Khoiril Anam(1*), Hilda Hilaliyah(2), Siti Jubei(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Organisasi masyarakat atau ormas merupakan suatu organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak. Kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Eksistensi organisasi di Indonesia, terutama di kalangan remaja, mulai terancam akibat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Salah satu organisasi yang terancam eksistensinya adalah ikatan remaja masjid. Permasalahan yang kini timbul adalah eksistensi organisasi masyarakat dalam bidang keagamaan seperti halnya ikatan remaja masjid semakin terancam. Pasalnya, kondisi terkini berkenaan dengan hal yang berbau Sara selalu menjadi bahan perbincangan yang tak habis-habis diperbincangkan. Konflik yang terjadi dewasa ini menyababkan eksistensi organisasi masyarakat berbau keagamaan semakin tersudutkan. Padahal, hak dan kebebasan berorganisasi dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Masyarakat, termasuk organisasi keagamaan seperti ini. Salah satu upaya mempertahankan eksistensi organisasi semacam ini, tim ibM bermaksud mengadakan penyuluhan kebahasaan kepada beberapa ikatan remaja masjid yang kini masih bertahan. Selain itu, kegiatan ibM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang cara berbahasa Indonesia dengan benar, cara berbicara secara efektif, dan cara memilih kata yang tepat dalam membawakan suatu acara resmi; memberikan pelatihan tentang cara menulis surat resmi, membahas kesalahan-kesalahan yang sering muncul dalam penulisan surat.

Kata kunci: pelatihan, surat resmi, ikatan remaja masjid.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Finoza, L. (2006). Aneka Surat Sekretaris dan Surat Bisnis Indonesia. Jakarta: Usaha Mulia.

Pratiwi, H. A. (2013). Panduan Belajar Korespondensi Bahasa Indonesia. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Sartuni ,dkk. (2016). Implementasi Bahasa Akademik. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

http://konsillsm.or.id/uu-no-17-tahun-2013-tentang -organisasi kemasyarakatan/




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.